INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

  • By
  • In Lihat
  • Posted 20 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

Puasa merupakan salah satu cara untuk melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Namun proses detoksifikasi ini tidak akan maksimal jika tidak diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat dan fit saat puasa. Oleh karena itu, asupan makanan saat sahur dan berbuka serta kebiasaan yang dilakukan selama puasa sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap sehat dan fit saat puasa.

Tips agar tubuh tetap fit saat puasa

Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan selama bulan ramadan agar tubuh tetap fit saat puasa.

1. Jangan lewatkan sahur

Salah satu cara sederhana untuk tetap fit saat puasa adalah jangan pernah lewatkan sahur. Sahur adalah makan pagi sebelum subuh untuk memulai puasa setiap hari. Sama seperti sarapan pagi, sahur adalah bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama seharian sampai tiba waktu berbuka. Makanan untuk sahur hendaknya memperhatikan asupan nutrisi seimbang dari karbohidrat kompleks, serat dan protein.

2. Penuhi kebutuhan cairan

Sebagaian besar tubuh kita terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat kita berpuasa. Saat puasa disarankan untuk minum setidaknya 8-12 gelas air putih sehari. WHO juga menganjurkan untuk minum banyak air setidaknya 10 gelas dalam sehari dan makan-makanan yang menghidrasi selama puasa.

Selain itu, disaranakn untuk menghindari kafein. Kafein bersifat diuretik yang membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh cepat hilang. Mengurangi mengonsumsi minuman berkafein secara berlebihan selama bulan Ramadan bermanfaat untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa.

3. Makan secukupnya tidak berlebihan

Selama puasa waktu yang paling dinanti adalah waktu berbuka. Namun beberapa orang makan berlebihan saat berbuka. Langsung memakan banyak makanan saat berbuka akan membuat perut kembung dan begah. Itu sebabnya makan secukupnya dianjurkan saat berbuka puasa agar fit.

4. Hindari makanan berminyak

Kebanyakan orang memilih gorengan untuk berbuka puasa. Namun ada baiknya jika menghindari segala bentuk makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak agar fit saat puasa. Pasalnya, makanan ini akan meningkatkan risiko kenaikan kolestrol dalam tubuh.

5. Olahraga

Puasa tidak menjadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Salah satunya dengan melakukan olahraga dengan intesitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa agar fit, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya.

6. Tidur yang cukup

Mengatur pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tidak makan dan minum seharian, melainkan karena tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya sebaiknya tidak begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.


Penulis: Ida Sholihatun Nisa’ (Airlangga Nursing Journalist)
Sumber:
Firdaus, Yusra. 2020.7 Cara untuk Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Puasa. Diakses dari web https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/8-cara-menjaga-tubuh-agar-tetap-fit-saat-puasa/ pada tanggal 19 April 2021
Ratriani, Vidrita. 2021. Ini Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa. Diakses dari web https://kesehatan.kontan.co.id/news/ini-cara-menjaga-tubuh-tetap-bugar-saat-berpuasa pada tanggal 19 April 2021

Pin It
Hits 658