INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 23 April 2021

Bagi umat Islam, puasa merupakan sebuah ibadah yang wajib dijalani tiap hari selama bulan Ramadhan. Ketika berpuasa, tubuh mengalami perubahan sesuai dengan lama berpuasa. Faktanya, tubuh memerlukan waktu delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Tubuh mampu berpuasa bila diberi asupan terlebih dahulu.

Secara psikis, puasa dapat menanggulangi stres dan depresi untuk beberapa orang karena belajar untuk mengendalikan diri. Sementara itu, ada beragam manfaat puasa untuk kesehatan fisik seperti berikut ini.

1. Mengontrol gula darah

Pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin. Dengan mengurangi resistensi insulin, sensitivitas tubuh terhadap dapat meningkat. Maka dari itu, glukosa dari aliran darah bisa berpindah ke sel tubuh lebih efisien.

2. Mengurangi peradangan

Puasa dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Studi kecil membuktikan, tingkat peradangan orang yang berpuasa lebih dari 12 jam sehari dapat menurun.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Cara efektif mengurangi risiko penyakit jantung adalah menerapkan pola dan gaya hidup sehat. Studi menunjukkan bahwa puasa selama tiga minggu dapat signifikan menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat, dan kadar trigliserida.

4. Berpotensi meningkatkan kesehatan otak

Menurut studi, puasa dapat melindungi kesehatan otak dan meningkatkan pembentukan sel saraf untuk meningkatkan fungsi kognitif.

5. Membantu menurunkan berat badan

Tidak makan dan minum selama beberapa saat secara teori dapat mengurangi asupan kalori. Selain itu, kadar lemak secara bertahap dapat menurun dan menjaga jaringan otot. Studi juga membuktikan puasa dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin yang dapat membantu menurunkan berat badan.

6. Meningkatkan hormone pertumbuhan

Studi menunjukkan puasa dapat meningkatkan kadar hormon pertumbuhan secara alami. Hormon pertumbuhan dapat meningkat optimal karena pengaruh kadar gula darah dan insulin yang lebih terkontrol saat puasa.

 

Penulis: Salsabila M. Widyanindra

Editor: Naili Raudiatus Zahra

 

Refrensi:

https://www.alodokter.com/manfaat-puasa-bagi-kesehatan

https://health.kompas.com/read/2020/04/24/140200768/7-manfaat-puasa-bagi-kesehatan?page=all

Pin It
Hits 506