INFORMASI TEST ELPT (CLICK HERE) Semangka, Menyegarkan dan Kaya Manfaat

Semangka, Menyegarkan dan Kaya Manfaat

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Lihat
  • Posted 27 April 2021

Semangka tentunya sudah sangat dikenal sebagai buah dengan cita rasa yang manis dan menyegarkan. Di saat cuaca yang panas, semangka menjadi salah satu pelepas dahaga yang digemari banyak orang. Bagian semangka yang dikonsumsi adalah lapisan daging yang berwarna merah atau kuning hingga lapisan putihnya. Semangka memiliki kandungan air beserta mineral dan vitamin yang melimpah. Kandungan di dalam semangka, antara lain magnesium, kalium, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini adalah manfaat semangka bagi tubuh:

Menjaga kesehatan jantung

Kalium dan magnesium di dalam semangka dapat menurunkan tekanan darah pada pasien obesitas dengan hipertensi. Kalium dapat membuat pembuluh darah rileks dan merangsang aliran darah serta mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskuler. Selain itu, karotenoid pada semangka mampu mencegah pengerasan arteri dan vena serta menurunkan tekanan darah.

Mengatasi sembelit

Semangka memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Dengan mengonsumsinya, maka dapat membantu proses pencernaan tetap lancar dan meredakan sembelit yang dialami.

Baik untuk kulit dan rambut

Kandungan air dalam semangka dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Vitamin C membantu produksi kolagen pada kulit dan rambut. Selain itu, kandungan likopennya mampu dimanfaatkan sebagai antioksidan untuk mengencangkan kulit dan mencegah keriput pada wajah.

Mencegah batu ginjal

Kandungan kalium dapat membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal. Kalium juga mampu menurangi asam urat dalam darah sehingga mengurangi pembentukan batu ginjal.

Meredakan gejala radang sendi dan nyeri otot

Semangka mengandung vitamin C, B6, antioksidan, beta karoten, selenium, dan zinc yang mampu membantu menghilangkan nyeri dan kaku pada otot. Citrulline pada semangka juga dapat mengatasi nyeri pada otot.

Mencegah penyakit kronis

Likopen dan vitamin C di dadlamnya dapat mengurangi peradangan sehingga mampu menurunkan risiko penyakit kronis.

Semangka memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Itulah mengapa manfaat semangka sayang sekali untuk dilewatkan. Namun, konsumsi yang berlebihan mampu membawa dampak buruk pada kesehatan, seperti diare, hiperkalemia, dan masalah pencernaan.

 

Referensi:

https://www.alodokter.com/manis-dan-bernutrisi-jangan-lewatkan-manfaat-semangka.

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-semangka-kesehatan/.

 

Penulis: Tiffani Nur Widya Andari

Editor : Risky Nur Marcelina

Pin It
Hits 243