INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Hal-Hal yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

1. Terlalu banyak konsumsi makanan manis

Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang dianjurkan untuk mengembalikan energi dalam tubuh yang hilang selama berpuasa. Namun, kebanyakan orang sering kali mengonsumsi terlalu banyak makanan manis. Hal ini bisa meningkatkan risiko naiknya berat badan dan diabetes.

2. Terlalu banyak makan takjil

Takjil merupakan menu wajib saat berbuka puasa. Akan tetapi kebanyakan takjil yang disediakan di meja makan merupakan makanan yang tidak sehat, seperti gorengan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, sejumlah makanan ini bisa menyebabkan obesitas, Karena gorengan mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi yang tidak baik bagi tubuh.

3. Lupa minum air putih

Saat berbuka puasa jangan lewatkan meminum air putih. Kebanyakan orang lupa minum air putih saat berbuka. Mereka kerap merasa telah cukup terhidrasi dengan minuman manis, seperti es teh manis, es degan dan yang lainnya. Sebelum minum berbagai jenis es sebaiknya terlebih dahulu minum air putih untuk memenuhi cairan yang hilang setelah seharian berpuasa. Sebab, air putih merupakan sumber utama cairan untuk menghidrasi tubuh.

4. Makan terburu-buru

Kondisi lapr seharian membuat seseorang saat berbuka makan dengan terburu-buru. Padahal kebiasaan ini berdampak buruk bagi kesehatan, yaitu bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, sindrom metabolik, gastritis, dan tersedak.

5. Makan berlebihan

Makan berlebihan tidak baik untuk Kesehatan. Karena makan berlebihan saat berbuka bisa menyebabkan timbulnya berbagai masalah. Beberapa di antaranya adalah kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih banyak, serta meningkatkan risiko obesitas.


Penulis: Ida Sholihatun Nisa’
Sumber:
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5543741/5-kebiasaan-tak-sehat-yang-harus-dihindari-saat-berbuka-puasa
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4998900/4-kebiasaan-tak-sehat-yang-harus-dihindari-saat-berbuka-puasa
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210412152529-255-628873/8-cara-turunkan-berat-badan-sambil-puasa-ramadan

Pin It
Hits 431