INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

1. Makanan tinggi karbohidrat

Saat sahur dianjurkan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti roti, nasi, dan kentang. Makanan tersebut mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Jenis makanan tersebut membantu menjaga tingkat energi. Akan tetapi hindari terlalu banyak memberikan bumbu pada makanan karena dapat menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan.

2. Serat

Serat dari buah, sayur, dan biji-bijian utuh meruapakan menu makanan terbaik saat sahur. Karena serat termasuk jenis makanan tersebut memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu mencegah sembelit.

3. Protein dari produk susu dan daging tanpa lemak

Saat sahur juga dianjurkan mengonsumsi protein seperti susu, telur, ayam, yogurt, dan lentil. Dilansir dari healthkompas menurut ahli gizi Geeta Buryok, jenis makanan ini akan membantu memperkuat kekebalan tubuh selama berpuasa.

4. Makanan dengan indeks glikemiks rendah

Makanan dengan indeks glikemi rendah akan membuat seseorang kenyang lebih lama sekaligus menurunkan nafsu makan. Makanan dengan indeks melepaskan energi selama periode waktu tertentu dan akan membantu mencegah kelelahan dan kelesuan. Asupan makanan dengan indeks glikemis rendah dapat diperoleh dari sari kacang-kacangan dan biji-bijian, makan makanan yang kaya serat, atau sup berbahan dasar kaldu.

5. Makanan dan minuman tinggi air

Saat sahur hindari minum terlalu banyak teh atau kopi karena kafein di dalamnya mengakibatkan hilangnya air dalam tubuh yang meningkatkan rasa haus. Selain itu hindari mengonsumsi makanan atau minuman manis karena asupan tersebut dicerna dengan sangat cepat dan bisa membuat seseorang merasa lapar lebih cepat dari yang diperkirakan. Minum terlalu banyak air juga tidak dianjurkan karena dapat mengencerkan asam lambung dan menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan. Sebagai alternatif, saat sahur bisa mengonsumsi buah-buahan segar, jus dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi agar tubuh tetap terhidrasi selama puasa.


Penulis: Ida Sholihatun Nisa’
Sumber:
https://health.kompas.com/read/2021/04/13/201600068/5-jenis-makanan-yang-baik-dikonsumsi-saat-sahur?page=all
https://angela-graff.blogspot.com/2018/07/25-trend-terbaru-foto-orang-sahur.html

Pin It
Hits 919