INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Manfaat Mengonsumsi Multivitamin di Bulan Puasa

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Cara meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa bisa dengan mengonsumsi berbagai asupan multivitamin dan mineral. Beberapa jenis vitamin dan mineral untuk daya tahan tubuh saat puasa, diantaranya vitamin C, E, B1, B6, B12, dan zinc.

Ada berbagai cara meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa yang bisa dilakukan. Mulai dari konsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka puasa, tidur yang cukup, serta rutin berolahraga. Tak hanya itu, mengonsumsi multivitamin dan mineral saat sahur dan berbuka puasa ternyata juga bisa jadi tips puasa di tengah pandemi virus corona untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Apa saja jenis vitamin untuk daya tahan tubuh yang diperlukan saat puasa?

Ada berbagai jenis vitamin yang diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit, yakni:
1. Vitamin C
Salah satu jenis vitamin yang baik untuk daya tahan tubuh Anda adalah vitamin C. Faktanya, kekurangan vitamin C dapat membuat Anda lebih rentan terserang virus dan bakteri yang menjadi penyebab penyakit. Sebuah hasil studi yang dimuat dalam jurnal Nutrients tahun 2017 membuktikan bahwa manfaat vitamin C terhadap daya tahan tubuh bisa meningkatkan berbagai fungsi sel imun, baik sistem imun bawaan maupun sistem imun adaptif. Vitamin C pun berperan dalam perlindungan tubuh dari agen penyakit. Selain itu, fungsi vitamin C juga sebagai antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Terutama karena fungsinya untuk menangkal efek buruk radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul reaktif yang dapat menumpuk akibat proses alami dan paparan lingkungan. Jika terlalu banyak radikal bebas yang terakumulasi dalam tubuh, maka stres oksidatif bisa terjadi sehingga meningkatkan risiko paparan berbagai macam penyakit. Vitamin C atau dikenal sebagai asam L-askorbat adalah vitamin yang larut dalam air. Mengingat vitamin C merupakan jenis vitamin yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, maka Anda perlu memenuhinya dari luar, salah satunya dari suplemen kesehatan.
2. Vitamin E
Vitamin E juga menjadi jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung sistem imun tubuh dan membantu melakukan regenerasi sel-sel tubuh. Fungsi vitamin E juga sebagai antioksidan dan antiradang yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Antioksidan dapat mengendalikan ketidakseimbangan radikal bebas dalam tubuh. Ketika radikal bebas terkendali, risiko penyakit pun bisa menurun.
3. Vitamin B1
Jenis vitamin untuk daya tahan tubuh Anda adalah vitamin B1. Manfaat vitamin B1 dapat membantu melepaskan energi dari karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi atau glukosa. Tubuh Anda menggunakan energi ini untuk menjalankan berbagai fungsi dasar, seperti pencernaan, pernapasan, dan sirkulasi darah. Konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B1 bisa membantu proses metabolisme tubuh menjadi maksimal karena Anda mendapatkan energi yang dibutuhkan dari makanan yang Anda makan. Sama seperti vitamin B pada umumnya, manfaat vitamin B1 juga sering disebut sebagai vitamin anti-stres. Sebab, vitamin ini juga berfungsi meningkatkan sistem imun tubuh di saat stres melanda.
4. Vitamin B6
Bagi Anda yang kerap bergerak aktif dan rutin berolahraga selama bulan puasa, Anda mungkin tidak boleh melewatkan asupan vitamin B6, karena vitamin B6 dapat membantu memecah protein menjadi asam amino dan meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika metabolisme tubuh bekerja lebih cepat, energi yang dihasilkan oleh tubuh pun juga akan lebih cepat. Asupan vitamin B6 juga dapat meningkatkan produksi hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dengan demikian, organ-organ tubuh dapat terus bekerja secara optimal. Selain itu, manfaat vitamin B6 disebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh dengan melindunginya dari paparan infeksi penyebab penyakit. Studi yang dilakukan pada orang dewasa tua membuktikan kadar vitamin B6 yang rendah bisa membuat daya tahan tubuh jadi menurun.
5. Vitamin B12
Fungsi vitamin B12 atau kobalamin memang tidak dapat memberikan energi secara langsung, tetapi vitamin ini sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan energi dari karbohidrat. Jika Anda kekurangan vitamin B12, tubuh bisa merasa letih dan tidak bertenaga. Gejala ini umum terjadi saat Anda sedang berpuasa. Oleh sebab itu, penting untuk mendapat asupan vitamin B12 yang cukup. Bila Anda kekurangan vitamin ini, kemungkinan akan mengalami peningkatan energi setelah mengonsumsi suplemen mengandung vitamin B12.
6. Zinc
Zinc merupakan salah satu jenis mineral yang tidak hanya baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, melainkan juga mendukung daya tahan tubuh. Bahkan, beberapa peneliti menyebutkan bahwa asupan zinc yang cukup dapat melindungi diri dari paparan Covid-19. Hal ini diperkuat dalam sebuah studi terbaru yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Immunology pada Juli 2020 mencatat bahwa manfaat zinc dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menjaga selaput lendir. Studi tersebut juga menyebutkan bahwa orang yang kekurangan zinc memiliki risiko lebih tinggi terpapar berbagai infeksi penyakit pernapasan, termasuk pneumonia. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai fungsi zinc dalam melindungi tubuh dari paparan Covid-19. Setelah mengetahui masing-masing fungsi vitamin dan mineral untuk daya tahan tubuh, maka dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi berbagai macam vitamin dan mineral merupakan hal yang tepat agar daya tahan tubuh Anda tidak mudah tumbang saat menjalani puasa.

Cara Memilih Multivitamin

Ada banyak pilihan multivitamin yang diresepkan maupun dijual bebas di pasaran. Namun, bagaimana cara memilih multivitamin yang tepat? Beberapa langkah berikut bisa menjadi panduan bagi Anda dalam memilih multivitamin, yaitu:
●Cermati persentase
Pilih multivitamin yang mencantumkan tulisan 100% of the Daily Value (DV) atau yang memenuhi hampir seluruh kebutuhan harian tubuh.
●Baca label pada kemasannya dengan saksama
Sebelum membeli, pastikan Anda memilih multivitamin yang mengandung vitamin dan mineral dasar, seperti vitamin A, C, D, E, asam folat, dan zat besi. Hal ini dimaksudkan agar multivitamin dapat bermanfaat secara optimal, serta untuk meminimalkan risiko terjadinya efek samping.
●Formula untuk kelompok tertentu
Pilih multivitamin yang sesuai kebutuhan dan usia Anda. Sebagai contoh, wanita yang sedang hamil akan membutuhkan asupan asam folat dan zat besi lebih banyak dibandingkan dengan wanita tidak hamil. Maka dari itu, selalu sesuaikan kebutuhan Anda dengan multivitamin yang akan dikonsumsi.
Yang tidak kalah penting, selalu cek tanggal kadaluarsa pada label kemasan sebelum Anda membeli atau mengonsumsi multivitamin. Ini dimaksudkan agar Anda tidak membeli produk multivitamin yang sudah tidak layak pakai.

Hindari Konsumsi Berlebihan

Konsumsi multivitamin mungkin dapat memenuhi kekurangan nutrisi tertentu, tetapi tidak dapat menggantikan pentingnya gaya hidup sehat, termasuk pola makan sehat. Jika Anda menerapkan gaya hidup sehat dan tidak memiliki kondisi medis tertentu, maka sebenarnya tubuh tidak memerlukan suplemen multivitamin.

Beberapa penelitian mengungkapkan tentang tidak adanya bukti yang menguatkan klaim bahwa multivitamin membawa manfaat bagi kesehatan. Selain itu, multivitamin yang dikonsumsi secara berlebihan tidak mengurangi risiko seseorang dari penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. Sebaliknya, mengonsumsi multivitamin dalam dosis tinggi justru dapat membahayakan kesehatan, khususnya untuk jenis vitamin yang larut lemak.

Referensi :
Adrian, K. (2019) Baca Ini Dulu Sebelum Mengonsumsi Multivitamin. Available at: https://www.alodokter.com/baca-ini-dulu-sebelum-mengonsumsi-multivitamin (Accessed: 29 April 2021).
Ikhsania, A. A. (2021) Multivitamin dan Mineral yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa. Available at: https://www.sehatq.com/artikel/tingkatkan-daya-tahan-tubuh-saat-puasa-dengan-konsumsi-multivitamin-dan-mineral#bolehkah-mengonsumsi-suplemen-multivitamin-dan-mineral-saat-puasa (Accessed: 29 April 2021).

Penulis : Muchamad Naufal
Editor : Dyah Ratika Maulani Wulandari

Pin It
Hits 735