INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Olahraga saat Puasa Ini Dapat Kamu Lakukan di Rumah

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 01 May 2021

Saat ini, kita sebagai umat Islam sedang menjalani ibadah puasa Ramadhan. Dalam menjalani puasa, kebanyakan orang akan cenderung melakukan aktivitas ringan dibandingkan dengan aktivitas sebelum memasukin bulan Ramadhan. Salah satu aktivitas yang jarang dilakukan saat berpuasa yaitu melaksanakan olahraga, padahal olahraga sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Menurut Ahli Ilmu Faal Olahraga Klinis Departemen Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Deta Tanuwidjaja, kurangnya aktivitas olahraga selama bulan Ramadhan justru dapat meningkatkan risiko terkena infeksi sedang hingga tinggi.

Untuk itulah mengapa olahraga penting dilakukan. Selama puasa, olahraga yang disarankan ialah olahraga dengan intensitas ringan dengan lama waktu 30-60 menit. Ada beberapa informasi terkait waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan puasa yang bisa kita lakukan.

1. Sebelum berbuka puasa

Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa ialah sebelum berbuka puasa. Hal ini sangat bagus untuk membakar lemak lebih banyak, sehingga efektif menurunkan berat badan.

Setelah berolahraga, yang tentunya menggunakan sisa energi, kita bisa langsung makan saat buka puasa untuk menggantikan energi yang hilang. Sehingga kita tidak perlu khawatir akan mengalami gula darah rendah atau dehidrasi. Hal inilah yang menyebabkan berolahraga sebelum buka merupakan waktu terbaik untuk olahraga saat puasa.

Namun kita tidak boleh memaksakan diri untuk berolahraga secara berlebihan. Dikarenakan kita masih dalam keadaan puasa dengan sisa energi yang sedikit, sehingga olahraga yang dilakukan perlu dibatasi, tidak lebih dari 60 menit.

2. Setelah berbuka puasa

Berbeda dengan melakukan olahraga sebelum berbuka, saat setelah berbuka ini kita bisa melakukannya dua sampai tiga jam setelah buka puasa. Tunggu hingga makanan dicerna oleh tubuh setelah berbuka sehingga kita mendapatkan energi kembali untuk melakukan olahraga. Karena sudah makan dan mengisi tubuh lagi dengan energi, kita bisa melakukan olahraga apapun yang kita inginkan pada saat ini, dari intensitas ringan sampai berat, termasuk olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot.

3. Setelah sahur

Olahraga setelah sahur dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa. Namun, kita tetap harus menyediakan energi untuk melakukan aktivitas selanjutnya sampai waktu buka puasa, sehingga jangan melakukan olahraga berlebihan pada waktu ini. Sebaiknya kita melakukan olahraga dengan intensitas ringan saja.

Lalu apa saja sih pilihan olahraga yang bisa kita lakukan di rumah?

1. Jalan kaki

Kita bisa melakukan aktivitas jalan kaki ini di dalam rumah atau di teras depan rumah

2. Yoga

Kita bisa melakukan yoga dengan menonton video pelatihan yoga di internet lalu kita ikuti gerakannya

3. Naik turun tangga

4. Sit up dan push up

 

Referensi:

https://www.liputan6.com/ramadan/read/4230417/waktu-terbaik-untuk-olahraga-saat-puasa-dan-pilihan-latihan-yang-ringan

https://www.sehatq.com/artikel/olahraga-saat-puasa-ternyata-berdampak-baik-untuk-tubuh

https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/28/120053271/waktu-dan-jenis-olahraga-terbaik-saat-puasa-ala-pakar-unpad?page=all

 

Penulis: Denata Rahmadani Lukitasari

Editor: Naili Raudiatus Zahra

Pin It
Hits 650