INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

5 Asupan Nutrisi yang Harus Ada saat Puasa

  • By
  • In Lihat
  • Posted 01 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Bulan Ramadan adalah bulan suci dimana setiap umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa. Pada saat berpuasa, umat muslim tidak diperkenankan untuk makan atau minum dari mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Ibadah puasa dijalankan selama 29 hingga 30 hari. Selama waktu ini, kita perlu untuk memperhatikan asupan nutrisi apa saja yang harus masuk ke dalam tubuh agar tetap sehat dan bugar saat menjalani puasa. Berikut ini 5 asupan penting yang harus ada saat puasa.
1.Protein
Protein sangat penting sebagai glikogen yang akan dipecah agar tubuh tetap berenergi. Pada saat berbuka dan sahur, kita dapat mengonsumsi telur, ayam, atau ikan daripada daging.
2.Karbohidrat
Nutrisi ini juga sangat penting karena karbohidrat menjadi sumber energi utama dalam tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat yang dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi saat puasa, yaitu sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum atau oatmeal.
3.Serat
Serat mampu menjadikan perut kita kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan serat emmbantu memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula. Serat tidak hanya didapatkan pada sayur-sayuran, tetapi juga pada beras merah, hitam, atau cokelat.
4.Lemak
Pada saat berpuasa, tubuh juga membutuhkan lemak. Namun, lemak yang dibutuhkan adalah lemak baik atau high density lipoprotein (HDL) seperti ikan, alpukat, biji-bijian, bayam, dan minyak zaitun.
5.Vitamin dan Mineral
Asupan vitamin dan mineral dapat dipenuhi dengan banyak makan dan buah-buahan.

Penulis : Dyah Putri Ayu Lestari Editor : Titis Nurmalita Dianti

Referensi: https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-asupan-penting-yang-harus-ada-saat-puasa

Pin It
Hits 551