INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Cara Ampuh untuk Mengatasi Kram Perut Saat Menstruasi

  • By
  • In Lihat
  • Posted 02 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

1. Memperbanyak minum air
Ketika menstruasi sebaiknya memperbanyak minum air putih karena dapat mengatasi perut kembung yang dapat memperberat rasa kram perut yang kamu alami meskipun minum air memang tidak mengurangi rasa kram secara langsung.

2. Mengonsumsi makanan yang sesuai
Ketika seseorang mengalami kram perut saat menstruasi, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. Dan dianjurkan untuk menghindari makanan berlemak, goreng-gorengan, atau makanan cepat saji.

3. Menerapkan panas atau kompres hangat bagian yang kram
Dengan mengompres dan menempelkan handuk hangat atau botol berisi air hangat ke area perut yang kram dapat meredakan rasa sakit dan sensasi hangat ini juga bisa membuat seseorang lebih rileks.

4. Melakukan pijatan
Dengan memijat lembut area perut bawah dengan gerakan memutar secara perlahan dapat mengurangi rasa kram di perut. Selain itu saat memijat juga bisa menambahkan minyak aromaterapi yang dapat membuat kamu merasa lebih rileks.

5. Bergerak aktif atau berolahraga
Kram saat menstruasi membuat seseorang untuk malas bergerak. Padahal dengan aktif bergerak atau berolahraga, seperti lari, jalan santai, atau aerobik tubuh dapat memproduksi endorfin yang bisa mengurangi rasa sakit sekaligus memperbaiki suasana hati.

6. Mengonsumsi obat pereda nyeri
Ketika kram di perut dirasa sudah tidak tertahankan, seseorang boleh mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau obat pereda nyeri lain namun harus memperhatikan aturan pakainya.


Penulis: Ida Sholihatun Nisa’
Sumber:
https://www.halodoc.com/artikel/cara-menghilangkan-nyeri-haid-tanpa-obat
https://www.alodokter.com/6-cara-mudah-ini-bisa-atasi-kram-perut-saat-haid-lho

Pin It
Hits 4223