INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Bolehkah Berenang saat Pandemi COVID-19? Yuk Pahami

  • By
  • In Lihat
  • Posted 02 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Berenang adalah salah satu olahraga populer yang sejak terjadinya pandemi, sudah jarang dilakukan banyak orang akibat pembatasan kegiatan demi menurunkan angka penularan Covid-19. Meski begitu, kolam renang umum sebenarnya saat ini sudah mulai dibuka. Lantas, apa yang perlu diperhatikan jika ingin berenang saat masih pandemi corona?

Berenang bisa menjadi salah satu kegiatan untuk relaksasi di tengah padatnya aktivitas. Namun, selama pandemi COVID-19, banyak orang yang enggan untuk berenang karena takut air kolam menjadi wadah penularan virus Corona. Sebenarnya, apakah aman berenang saat pandemi COVID-19?

Selain membuat pikiran menjadi lebih rileks, rutin berenang juga bermanfaat untuk membangun massa otot, mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, serta memperbaiki mood dan kualitas tidur.

Fakta tentang berenang saat pandemi Covid-19

Selama masa pandemi, berkumpul di kolam renang umum memang dirasa menjadi sesuatu yang berisiko terhadap penularan Covid-19. Namun tidak bisa dipungkiri banyak orang sebenarnya ingin kembali menikmati olahraga air yang menyehatkan ini. Agar Anda tidak lagi bingung dan bertanya-tanya, berikut ini beberapa fakta mengenai berenang saat pandemi corona masih berlangsung.

1. Bisakah virus corona ditularkan lewat air kolam renang?
Kemungkinan virus corona bisa menular lewat air kolam renang sebenarnya kecil. Sebab klorin, kaporit serta bahan-bahan kimia lain yang digunakan untuk menjernihkan air kolam renang juga dapat membantu membunuh virus. Jadi, selama terjaga kebersihannya, maka kolam renang yang digunakan aman untuk digunakan berenang saat pandemi. Namun perlu diingat bahwa berenang saat ada pandemi Covid-19 bisa berbahaya jika kolam tersebut ramai orang, terlebih jika tidak ada pembatasan jarak sosial yang baik. Meski air kolam renangnya sendiri berisiko rendah menularkan virus, tapi jarak dekat antarmanusia tetap berisiko tinggi menyebabkan penularan Covid-19. Karena tentu, saat berada di kolam renang, kepala kita tak akan selalu berada di bawah air. Akan tetapi, banyak perbincangan dan kegiatan lain yang membuat droplet pembawa virus menyebar dari satu orang ke orang lain dan terhirup ke dalam tubuh sebelum tubuh sempat masuk ke dalam air. Sehingga Anda tetap harus waspada dan melihat keamanan kolam renang yang dipilih dari segala sisi.

2. Bagaimana ciri kolam renang yang aman untuk didatangi saat pandemi?
Pemerintah melalui peraturan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 sudah mengatur tentang banyak hal soal kegiatan masyarakat di fasilitas umum, termasuk keamanan kolam renang umum. Berikut ini ketentuan soal menjaga keamanan kolam renang umum selama masa pandemi yang perlu ditaati pemilik serta pengelola tempat dan diperhatikan pengunjung.
•Pengelola memastikan air kolam renang menggunakan disinfektan dengan klorin 1-10 ppm atau bromin 3-8 ppm sehingga pH air mencapai 7,2-8 setiap hari dan hasilnya disampaikan di papan informasi agar dapat diketahui oleh konsumen.
•Pengelola melakukan pembersihan dan disinfeksi terhadap seluruh permukaan disekitar kolam renang seperti tempat duduk, lantai, dan permukaan lainnya
•Pengelola dan pengunjung menerapkan jaga jarak di ruang ganti.
•Pengelola memastikan tamu yang akan menggunakan kolam renang dalam keadaan sehat, dengan mengisi form self assesment risiko Covid-19 (form 1). Bila dari hasil self assesment masuk dalam kategori risiko besar, maka pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang.
•Pengelola membatasi jumlah pengguna kolam renang agar dapat menerapkan jaga jarak.
•Pengunjung menggunakan semua peralatan pribadi masing-masing.
•Pengunjung memakai masker sebelum dan setelah berenang.
Sebagai pengunjung, Anda dapat melihat apabila pihak pengelola sudah menerapakan hal-hal sesuai aturan yang dibuat pemerintah seperti di atas. Jika peraturan tersebut terlihat dilanggar oleh pengelola, ada baiknya Anda mencari tempat lain untuk mengurangi risiko tertular Covid-19 saat berenang.

Tips Berenang yang Aman di Masa Pandemi COVID-19

Agar dapat berenang dengan aman di masa pandemi COVID-19, pengunjung kolam renang umum harus menaati protokol kesehatan berikut ini:
•Hindari berenang di kolam renang umum yang ramai.
•Sebisa mungkin terapkan physical distancing dengan orang lain.
•Selalu gunakan masker ketika tidak berada di dalam kolam.
•Hindari berbagi penggunaan barang pribadi dengan orang lain, seperti kacamata renang, handuk, kickboard, peralatan mandi, atau penutup hidung.
•Semprotkan disinfektan pada perlengkapan renang yang digunakan setelah selesai berenang, kemudian langsung mandi dan berganti pakaian dengan baju yang bersih.

Selain pengunjung, pemilik dan pengelola kolam umum juga wajib menaati beberapa aturan untuk meminimalkan penularan COVID-19, baik di area kolam maupun di ruang ganti. Aturan tersebut meliputi:
•Memastikan kebersihan kolam renang selalu terjaga
•Memastikan staf kolam renang memakai masker dan selalu menjaga jaga jarak
•Membatasi jumlah pengunjung kolam renang agar tidak terjadi kerumunan
•Memisahkan akses masuk dan keluar kolam renang
•Melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area kolam renang secara rutin
•Menyediakan sarana cuci tangan dan handsanitizer di beberapa tempat di area kolam renang
•Memperbanyak ventilasi udara di ruang ganti dan area kolam, jika kolam tersebut berada di dalam ruangan (indoor)

Penulis : Muchamad Naufal F
Editor : Titis Nurmalita

Referensi :
Adrian, K. (2021) Berenang Saat Pandemi COVID-19, Amankah? Available at: https://www.alodokter.com/berenang-saat-pandemi-covid-19-amankah (Accessed: 2 May 2021).
Putri, N. H. (2021) Amankah Berenang Saat Pandemi Corona? Ini Aturannya. Available at: https://www.sehatq.com/artikel/berenang-saat-pandemi-covid-19-apakah-aman-ini-aturannya#tips-aman-untuk-berenang-saat-pandemi-covid (Accessed: 2 May 2021).

Pin It
Hits 7220