INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

TETAP PRODUKTIF SAAT PUASA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • By
  • In Lihat
  • Posted 07 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Menjalankan ibadah puasa di tengah situasi pandemi Covid-19, menjadi tantangan bagi kaum muslim. Baik dari sisi ibadah, proses berpuasa, maupun berbuka puasa, semua akan dijalani dengan cara yang berbeda.

Di samping melaksanakan kewajiban agama, menjaga daya tahan tubuh sekaligus memperhatikan tindakan pencegahan penularan COVID-19 penting dilakukan.

Agar tetap sehat dan produktif selama berpuasa di tengah situasi pandemi ini, coba ikuti beberapa tips dibawah ini :
1. Jaga Asupan Nutrisi dan Cairan
Karena puasa tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam, maka tubuh akan kekurangan energi, vitamin, dan mineral. Karena itu, saat sahur dan berbuka puasa, sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi tinggi. Perhatikan asupan karbohidrat, protein, dan serat. Selain itu, minumlah air putih yang cukup. Kurangi minuman manis dan minuman mengandung kafein, karena dapat memicu dehidrasi.
2. Rutin Olahraga
Saat sedang berpuasa, sangat dimaklumi kalau diri merasa kurang berenergi. Namun, tetap harus aktif bergerak dan melakukan olahraga dengan rutin.
Usahakan jalan santai, bersepeda, atau yoga, sedikitnya tiga kali seminggu. Dan juga bisa berolahraga sambil ngabuburit. Namun perlu diingat, tetap lakukan physical distancing dan menggunakan masker.
3. Cukup Istirahat
Waktu istirahat yang cukup dan tidur yang berkualitas akan membantu menjaga daya tahan tubuh. Karena itu, usahakan untuk menyiapkan makan sahur lebih awal, sehingga bisa memaksimalkan waktu untuk istirahat.
4. Jalin Silahturahmi dengan Baik
Bulan puasa adalah saat yang baik untuk mempererat hubungan dengan keluarga, saudara, maupun tetangga. Namun, kali ini jalinlah silaturahmi dengan cara berbeda, yaitu melalui telepon, video call, maupun bertukar pesan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 dan melindungi orang-orang tersayang.

Penulis : Natasya Putri R.
Editor : Risky Nur Marcelina

Sumber : Urbanasia

Pin It
Hits 629