INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

“CERDIK” MENGENDALIKAN HIPERTENSI DI MASA PANDEMI

  • By
  • In Lihat
  • Posted 09 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Penderita tekanan darah tinggi atau yang sering disebut dengan hipertensi merupakan kelompok yang sangat rentan terpapar virus COVID-19. Hipertensi merupakan salah satu jenis komorbid atau penyakit penyerta yang memiliki risiko kematian 6 kali lebih besar dibandingkan pasien yang tidak memiliki penyakit hipertensi saat terinfeksi COVID-19. Di masa pandemi sekarang ini upaya untuk mencegah dan mengendalikan hipertensi yang merupakan salah satu jenis penyakit tidak menular (PTM) harus dilakukan sedini mungkin.

Hipertensi erat kaitannya dengan perilaku dan gaya/pola hidup, sehingga penanganannya yakni dengan merubah perilaku hidup sehat yakni dengan perilaku CERDIK. Terdapat 5 perilaku yang termasuk dalam CERDIK diantaranya adalah:

1.Cek Kesehatan Secara Rutin
Bagi orang-orang yang memiliki faktor risiko hipertensi maka deteksi dini berupa pengukuran tekanan darah hendaknya dilakukan secara rutin/teratur, baik di rumah, puskesmas maupun fasilitas kesehatan terdekat. Rutin mengukur tekanan darah di rumah bermanfaat untuk menghindari stroke dan serangan jantung. Kepatuhan terhadap pengobatan juga sangat penting, sebab tanpa ada kepatuhan, obat terbaik pun takkan ada hasilnya.
2.Enyahkan Asap Rokok
Merokok dapat menyebabkan penyakit hipertensi dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung maupun penyakit paru. Merokok tidak hanya berdampak buruk terhadap kesehatan diri sendiri, namun juga berdampak negatif pada orang-orang di sekitar kita. Keadaan finansial pun ikut terkena dampak buruk lainnya dari merokok. Jadi, berhenti merokok merupakan langkah tepat demi kesehatan dan kehidupan kita yang lebih baik lagi.
3.Rajin Olahraga/Aktivitas Fisik
Olahraga tetap merupakan hal yang penting dan dapat dilakukan terutama pada pasien hipertensi pada era COVID-19 walaupun dengan pembatasan “physical distancing”. Olahraga dengan intensitas sedang dalam waktu 30 – 60 menit di lingkungan dengan ventilasi yang baik dan sendirian (seperti di rumah) dapat dilakukan selama era pandemi. Berolahraga sendiri di rumah serta mengutamakan penggunaan barang-barang olahraga pribadi lebih direkomendasikan untuk membantu kita tetap berolahraga seraya menghindari kontak dengan orang lain. Manfaat olahraga teratur, terjadwal, tepat intensitas dan tipenya, tidak hanya ditujukan sebagai tatalaksana hipertensi, melainkan juga untuk meningkatkan imunitas tubuh.
4.Diet Sehat dan Seimbang
Imbangi aktivitas olahraga dengan melakukan diet sehat penderita hipertensi dan diet seimbang yakni mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan tubuh (karbohidat, protein, lemak, vitamin dan mineral). Pola makan dengan diet rendah garam dapat mengurangi asupan garam ke dalam tubuh.
5.Istirahat Cukup
Istirahat yang cukup diperlukan untuk menunjang metabolisme tubuh kita berjalan dengan baik. Istirahat bukan hanya berupa tidur, relaksasi pasca beraktifitas seperti menonton televisi dan membaca buku juga dapat dikategorikan sebagai istirahat. Bagi orang dewasa, dianjurkan untuk memiliki waktu tidur sebanyak 7-8 jam perharinya.
6.Kelola Stres
Tekanan darah tinggi dapat diakibatkan oleh stres yang diderita individu, Setiap orang memiliki kemampuan untuk mengendalikan respon dengan memikirkan hal-hal yang menyenangkan dan bernapas secara teratur sehingga stress dapat teratasi.

Hipertensi sangat mungkin dicegah dengan perilaku CERDIK. Masa pandemi bukan berarti penderita hipertensi tidak bisa berolahraga dan menjaga kondisi tubuh. Mengaplikasikan perilaku CERDIK yang dapat dilakukan mandiri di rumah merupakan cara yang tepat untuk dilakukan di masa pandemi ini, dimana kita harus berhati-hati dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah COVID-19.

Penulis: Kelompok 2 Program Pendidikan Profesi Ners FKp Unair Angkatan B22
Editor : Titis Nurmalita D

Referensi:
KEMENKES RI. 2020. Penanganan Orang Dengan Faktor Risiko Dan Penyandang Penyakit Tidak Menular (PTM) Selama Pandemi COVID-19. Surat Edaran Nomor HK.01.07/I/3402/2020/Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Susanti, Yulis dkk. 2021. Perilaku CERDIK Hipertensi di masa pandemic COVID-19. Jurnal Keperawatan Volume 13 No 1, Hal 61-76.
Tiksnadi, Badai dkk.2020. Olahraga Rutin untuk Meningkatkan Imunitas Pasien Hipertensi Selama Masa Pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Cardiology Vol 41:112-19.

Pin It
Hits 6456