INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Maskne Jerawat yang Ditimbulkan oleh Dampak Pandemi Covid-19

  • By
  • In Lihat
  • Posted 10 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Penggunaan masker kain sudah menjadi hal wajib pada masa pandemi virus korona. Kebiasaan tersebut memang bisa melindungi Anda dari penularan virus korona. Sayangnya, meski melindungi, penggunaan masker kain bisa menyebabkan mask acne (jerawat masker) alias maskne.

Bagaimana jika Anda mengikuti anjuran untuk mengganti masker beberapa jam sekali, tetapi si maskne tetap saja muncul? Apa yang menyebabkan jerawat masker terus muncul meski sudah rajin mengganti masker? Apakah ada yang salah dengan maskernya?

Penyebab Timbulnya Maskne

Bukan hal baru jika para atlet yang menggunakan helm dan pelindung dagu pun sudah merasakan hal seperti itu. Jerawat muncul banyak di dahi dan dagu mereka. Kini, saat orang-orang memakai masker, jerawat langsung menyerbu dagu dan pipi.

Jangan heran jika jerawat tetap muncul meski Anda sudah mengganti masker beberapa jam sekali. Menurut dr. Devia Irine Putri, gesekan di kulit lah yang menyebabkan timbulnya kondisi itu.

“Kondisi wajah yang tertutup oleh masker dan lembab memang bisa memicu pertumbuhan jerawat. Namun, ada lagi faktor lain, yaitu gesekan” jelasnya. Dia menambahkan, “Kain masker yang kita pakai menyentuh kulit terus-menerus, sehingga ada gesekan di kulit kita dan menyebabkan terjadinya jerawat mekanik. Jerawat mekanik adalah jerawat yang timbul karena gesekan.”

Meski faktor utama penyebab maskne adalah gesekan serta kelembaban berlebih, dr. Devia menegaskan, jerawat pada dasarnya adalah kondisi multifaktorial. Itu artinya, jerawat tidak akan muncul jika tidak didukung juga oleh faktor lain.

Faktor yang Menyebabkan Munculnya Jerawat

“Perasaan stres, kelenjar minyak yang terlalu aktif, dan perubahan hormonal, misalnya. Hal-hal itu juga menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi, semuanya saling mendukung,” tuturnya.

Apabila kulit Anda terlanjur mengalaminya, maka ada beberapa hal yang dianjurkan oleh dokter untuk mengatasi dan mencegah maskne, yaitu:
- Rajin bersihkan wajah dengan air dan facial wash.
- Gunakan produk masker (skin care) yang sifatnya menenangkan kulit, seperti green tea.
- Hindari memakai make up.
- Hindari menyentuh area jerawat.
- Tetap cuci masker kain setiap selesai pakai. Cuci dengan sabun dan pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel.
- Tidak perlu mengganti masker dengan masker bedah. Anda tetap boleh menggunakan masker kain, tetapi pilih yang bahannya tipis dan lembut (tambahkan tisu sebagai filternya).

Jangan stres jika kulit Anda sedang mengalami maskne. Sebab, stres akan memperburuk kondisi maskne. Lakukan hal-hal yang dianjurkan di atas agar kondisi kulit di area yang tertutup masker tidak semakin parah.

Penulis : Callista Dora Islamey Pasya
Editor: Rifdayanti M. Amalia

Sumber:
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3642329/hati-hati-maskne-jerawatan-karena-pakai-masker

Pin It
Hits 908