INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Cara Aman Berpuasa bagi Pengidap Diabetes

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 10 May 2021

Tingginya kadar glukosa dalam darah yang tidak terserap oleh tubuh dengan baik sehingga terjadi penumpukan glukosa dalam darah. Jika tidak dikontrol dengan baik bisa membahayakan nyawa penderitanya. Gejala penyakit diabetes yang sering terjadi sering merasa haus dan lapar, buang air kecil lebih sering, penurunan berat badan, lemas, luka yang sulit sembuh, dan lain sebagainya.

Berpuasa bisa membantu menurunkan kadar gula darah, maka dari itu berpuasa sangat bermanfaat bagi pengidap penyakit diabetes, tetapi tetap harus di konsultasikan dulu dengan dokter apakah kadar gulanya stabil dan aman untuk berpuasa, ada beberapa tips untuk aman berpuasa bagi pengidap diabetes, yaitu:

● Kurangi konsumsi gula berlebihan

Saat berpuasa kadar gula darah menurun drastis, tapi tetap kita perlu mengontrolnya waktu memakan makanan saat buka puasa dan sahur agar kadar gula darah tetap stabil dan aman. Pada saat berbuka dan sahur bisa mengonsumsi banyak buah-buahan dan kurma.

● Minum air putih yang banyak

Saat berbuka dan sahur pastikan mengonsumi air putih yang cukup karena bisa membantu menghilangkan dehidrasi dan mengontrol kadar gula darah.

● Perhatikan kandungan makanan

Wajib memperhatikan kandungan makanan agar puasa tetap aman dan nyaman, misal dengan konsumsi ikan, sayuran, daging, dan buah-buahan agar bisa mengontrol kadar gula selama berpuasa dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Referensi :

Halodoc.com. (2019, April 26). Cara Aman Berpuasa bagi Pengidap Diabetes. Diakses pada 8 Mei 2021 dari https://www.halodoc.com/artikel/cara-aman-berpuasa-bagi-pengidap-diabetes.

 

Penulis : Resva Nursyamsiyah

Editor : Dyah Ratika Maulani Wulandari

Pin It
Hits 426