INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Bahaya Minum Soda Setiap Hari

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 10 May 2021

Minuman soda mengandung pewarna, pengawet, kafein, sodium serta zat lainnya. Minuman soda terbuat dari air biasa yang dicampurkan dengan karbondioksida tekanan tinggi. Jika dikonsumsi setiap hari akan berbahaya bagi kesehatan berikut dampak negatif minum soda setiap hari :

● Mengalami obesitas

Minuman bersoda banyak sekali mengandung gula yang tinggi, bahkan untuk minuman soda yang dinyatakan soda bebas gula yang katanya bisa digunakan untuk diet itu hanya mitos belaka, faktanya soda bebas gula mengandung 200-600 kali lipat lebih banyak.

● Kekurangan vitamin

Minuman bersoda bisa menguras kandungan kalsium yang masuk karena mengandung asam folat. Selain itu dapat mempengaruhi penyerapan vitamin D dan jika dikonsumsi setiap hari akan menyebabkan lemahnya tulang, hipertensi serta osteoporosis.

● Kerusakan gigi

Karena kadar gulanya yang tinggi dan sirup fruktosa di dalamnya bisa menyebabkan gigi berlubang. Dan minuman bersoda mengandung sifat asam yang tinggi sehingga menyebabkan terkikisnya enamel gigi, hal ini bisa terjadi karena gula yang terkandung di dalam soda berinteraksi dengan bakteri di dalam mulut sehingga membentuk asam.

Mengidap penyakit kronis

Minum soda setiap hari akan meningkatkan sindrom metabolik, gangguan kadar gula darah, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular kronis, serta tekanan darah tinggi.

Mengidap kanker

Karena mengandung benzena bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker. Benzena terbentuk ketika asam benzoat bercampur dengan asam askorbat dan logam seperti besi atau tembaga.

 

Penulis :Resva Nursyamsiyah

Editor: Naili Raudiatus Zahra

 

Referensi :

https://www.halodoc.com/artikel/bahaya-ini-akibatnya-jika-minum-soda-setiap-hari

Pin It
Hits 13344