INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Cara Mencegah Maskne Jerawat Akibat Penggunaan Masker

  • By
  • In Lihat
  • Posted 11 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

Semenjak pandemi COVID-19, menggunakan masker merupakan hal yang diwajibkan sebagai salah satu upaya memtus rantai penularan virus Corona. Namun menggunakan masker secara terus menerus bagi Sebagian orang dapat menimpulkan masalah pada kulit wajah seperti jerawat.

Jerawat yang timbul di area yang tertutup masker kini dikenal dengan sebutan “Maskne” atau “Mask Acne”. Hal ini umumnya disebabkan oleh penggunaan masker yang sering dengan waktu yang lama.

Penyebab Maskne

Kulit wajah bergesekan dengan masker

Memakai masker dalam jangka waktu yang lama dapat membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker. Hal inilah yang dapat memicu iritasi dan peradangan pada kulit. Namun saat ini penggunaan masker tidak bisa ditinggalkan, akhirnya kulit menjadi semakin meradang dan mudah tumbuh jerawat.

Ketidak seimbangan mikroorganisme akibat masker

Saat seseorang berbicara dan menghela napas ketika menggunakan masker dapat menjebak hawa panas yang membuat kulit wajah menjadi berkeringat serta lembap. Kondisi ini bisa menjadi tempat yang ideal bagi kuman dan bakteri untuk tumbuh. Selain itu masker yang kotor seperti masker yang digunakan berulang kali atau masker kain yang dicuci asal-asalan bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan kuman.

Cara Mencegah Maskne

- Pilih masker yang tepat
Memilih bahan yang lembut untuk kulit dan memilih masker dengan ukuran yang pas untuk mengurangi gesekan berlebih pada wajah yang nantinya membuat iritasi

- Menjaga kebersihan masker
Jika menggunakan masker bedah sebaiknya tidak menggunkannya berkali-kali. Selain itu jika masker kain sebaiknya rutin mengganti masker kain dan mencucinya.

- Membersihkan wajah setelah memakai masker
Bertujuan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada wajah setelah menggunakan masker.

- Menggunakan pelembap
Pelembap disini dapat bermanfaat untuk menenangkan kulit yang tergesek dengan masker sehingga mengurangi risiko iritasi.

- Hindari menggunakan makeup berlebihan
Makeup yang terlalu tebal dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

 


Penulis: Ida Sholihatun Nisa’
Sumber:
https://www.alodokter.com/mengenal-maskne-jerawat-akibat-penggunaan-masker
https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-maskne-jerawat-yang-muncul-akibat-memakai-masker

Pin It
Hits 1091