INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tidak Heran! Ini Dia Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Kulit Wajah

  • By
  • In Lihat
  • Posted 15 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Lidah buaya (Aloe vera) merupakan jenis tanaman bertangkai pendek dan memiliki daun hijau tebal untuk menyimpan air di daunnya. Tanaman yang berwarna hijau ini dikenal untuk mengobati luka di kulit. Setiap daun lidah buaya mengandung jaringan berlendir yang menyimpan air dan membuat daun menjadi tebal. Kandungan airnya agak pekat sehingga sering diasosiasikan dengan gel yang menjadi ciri khas produk berbahan lidah buaya.

Manfaat lidah buaya untuk wajah telah membuatnya menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan kosmetik. Industri kosmetik dunia telah menggunakan lidah buaya secara masif untuk bahan produk-produk mereka. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk kulit dan wajah dengan menggunakan lidah buaya maupun produk kecantikan mengandung Aloe vera.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah
1. Melembabkan Kulit
Gel lidah buaya dapat diserap dengan cepat dan mudah oleh kulit, sehingga baik untuk kulit yang berminyak. Namun, ternyata tanaman ini juga baik untuk kulit kering. Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai pelembab, setelah mandi.
2. Membantu Melawan Jerawat
Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit wajah yang sudah banyak diketahui yaitu dapat mengobati jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga baik untuk mengatasi jerawat yang meradang. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang berjerawat sebanyak tiga kali sehari menggunakan cotton bud.
3. Mengatasi Iritasi Kulit
Penyakit kulit seperti eksim, psoriasis dan rosacea, bisa membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Kandungan asam lemak dan enzim bradikinin pada lidah buaya, dapat membantu melembabkan kulit akibat penyakit-penyakit tersebut.
4. Pembersih Make Up Alami
Karena teksturnya yang lembut dan konsistensinya serupa gel, lidah buaya dapat digunakan sebagai pembersih make up secara alami. Dengan cara, gunakan bagian daging lidah buaya dan bersihkan lalu haluskan. Dengan handuk yang berbahan lembut, oleskan gel lidah buaya ke wajah untuk membersihkan sekaligus melembabkan kulit.
5. Mencegah Keriput
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat gel lidah buaya (Aloe vera) dapat membantu memperlambat penuaan kulit. Pada penelitian tersebut, lidah buaya terbukti meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit.
6. Mencegah Bintik Hitam di Kulit
Gel dalam lidah buaya dapat mencegah tirosinase, yaitu enzim yang bertanggung jawab untuk perubahan warna kulit. Kandungan gel dalam lidah buaya menekan hiperpigmentasi yang diinduksi UV akibat sengatan sinar matahari. Mekanisme ini juga dapat membantu mencegah munculnya bintik hitam di kulit. Sedangkan berbagai kandungan antioksidan seperti glutathione peroxide dapat memudarkan kerusakan kulit yang sudah terbentuk akibat sinar matahari.

Nah, itulah berbagai manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Namun perlu diingat, bahwa ada sebagian orang sensitif terhadap lidah buaya. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakannya.

Sumber : SehatQ. 2020. https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-lidah-buaya-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-kulit. (Diakses pada 15 Mei 2021).

Penulis : Sabita Ibtisamah
Editor : Titis Nurmalita

Pin It
Hits 2533