INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Kenali Apakah Anak Terkena Nursemaid’s Elbow

  • By
  • In Lihat
  • Posted 17 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Nursemaid’s elbow atau dalam bahasa medis adalah subluksasi kepala radial. Nursemaid’s elbow sering terjadi pada anak-anak di bawah usia 6 tahun. Nah, kenapa jarang terjadi pada anak yang berusia 6 tahun ke atas? Karena anak yang berusia lebih tua, ligamentum annularis sudah tumbuh dan berkembang lebih kuat. Nursemaid’s elbow adalah cedera siku yang berakibat dislokasi (pergeseran) tulang siku si anak. Ini terjadi akibat kesalahan orang tua/pengasuh menarik kuat tangan si anak.

Aktivitas yang menyebabkan Nursemaid’s elbow seperti saat menarik lengan anak saat anak berlari jauh, menarik lengan anak saat anak hendak terjatuh, mengayunkan lengan anak, menggerakkan atau mengangkat anak dengan salah satu tangannya, juga saat anak terjatuh dan bertumpu pada siku. Bisa terjadi pada anak usia kurang dari 6 bulan, ini terjadi akibat si anak berguling (berbalik badan) tanpa bantuan kasur dan lengannya tidak sengaja terpelintir.

Gejala yang muncul pada anak adalah menangis sambil memegang tangannya atau bisa dengan menolak untuk menggerakkan lengannya. Jadi bagaimana tindakan yang benar jika anak terkena Nursemaid’s elbow? baik orang tua/pengasuh anak dapat segera memeriksakan anak ke rumah sakit, sehingga anak segera ditangani dengan baik. Kemudian, pastikan bahwa anda memegang tangan si anak dengan benar yakni tangan anda sejajar dengan bahu anak atau maksimal anda memegangnya sejajar dengan telinga si anak.

Untuk penatalaksanaan medis akan dilakukan proses namanya reduksi. Dapat dilakukan dengan 2 teknik: supination flexion maneuver dan hyperpronation maneuver. Pemberian obat anti nyeri umumnya tidak diperlukan, karena rasa nyeri akan hilang bila reduksi berhasil. Sebagian besar kasus anak-anak dapat menggunakan lengannya dalam 5 hingga 10 menit. Namun, ada kemungkinan si anak membutuhkan lebih dari satu kali reduksi agar sembuh.

Ingat, Nursemaid’s elbow ini bisa terjadi lagi (berulang) pada anak. jadi, pastikan anda memperhatikan dan memegang tangan anak dengan tindakan yang benar.

Penulis : Ratna Dhelva I. W.
Editor : Titis Nurmalita

Sumber:
Honestdocs Team. 2020. Nursemaid’s Elbow: Penyebab, Gejala dan Penanganannya. https://www.honestdocs.id/nursemaid%E2%80%99s-elbow-:-penyebab-gejala-dan-penanganannya-3076971 (Diakses pada 15 Mei 2021).
Nasution, Rifan Eka Putra. 2019. Pendahuluan Subluksasi Kaput Radius. https://www.alomedika.com/penyakit/ortopedi/subluksasi-kaput-radius (Diakses pada 15 Mei 2021).
Nasution, Rifan Eka Putra. 2019. Etiologi Subluksasi Kaput Radius. https://www.alomedika.com/penyakit/ortopedi/subluksasi-kaput-radius/etiologi (Diakses pada 15 Mei 2021).
Nasution, Rifan Eka Putra. 2019. Penatalaksanaan Subluksasi Kaput Radius. https://www.alomedika.com/penyakit/ortopedi/subluksasi-kaput-radius/penatalaksanaan (Diakses pada 15 Mei 2021).

Pin It
Hits 2421