INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Batasi Makan Lebaran Anda Terutama Mengandung Kolesterol

  • By
  • In Lihat
  • Posted 17 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Bagaimana makanan lebaran di meja rumah Anda? Mulai dari kue kering, biskuit, opor ayam, gulai kambing, sambal goreng hati, es sirup, dll. Sekarang, apakah Anda memakannya dengan menentukan batasan atau hanya memakannya tanpa memikirkan bagaimana potensi yang merugikan kesehatan Anda. Usahakan anda mengkonsumsinya dengan porsi yang secukupnya. Jangan sampai Anda setelah lebaran terjadi peningkatan kolesterol.

Berikut makanan yang memiliki kandungan kolesterol, yuk simak:
a. Opor ayam. Dalam 1 porsinya (246 gr) ada sekitar 392 kalori.
b. Rendang. 100 gr rending terdapat 195 kalori.
c. Gulai kambing. 1 porsi mangkuk gulai ada 271 kalori.
d. Sayur pepaya atau labu dengan kuah santan, terdapat 162 kalori.
e. Kue kering. Dimana mengandung susu, keju, telur ini sepotong kue terdapat 75 kalori.

Jika Anda mengkonsumsi nya dengan banyak, tidak menutup kemungkinan Anda mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Bila kadar kolesterol total di atas 200 mg/dL dan kadar HDL kurang dari 40 mg/dL, Anda harus periksa kadar lemak darah lengkap meliputi LDL dan trigliserida.

Kolesterol jahat (LDL) yang tertumpuk pada tubuh akan mengeras dan dapat menyempitkan dinding arteri. Sehingga, penumpukan plak yang menyumbat pembuluh darah memicu penyakit jantung koroner, serangan jantung, stroke.

Berikut beberapa makanan yang harus anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol:
1. Stroberi. Kandungan nabati polifenol mampu menurunkan tekanan darah dan kadar LDL, juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
2. Tomat. Kandungan vitamin A, vitamin C, senyawa antioksidan lycopene ini yang mampu mengurangi kolesterol.
3. Apel. Senyawa fenolik pada kulit apel mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan fungsi sel sehat dan membantu aliran darah menjadi lebih baik.
4. Alpukat. Lemak sehat atau asam lemak tak jenuh tunggal pada alpukat mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.
5. Anggur. Senyawa polifenol ini mampu mencegah kerusakan sel. Anda dapat mengkonsumsi sekitar 100-200 gram per harinya, ini mampu melindungi sel dan mengurangi peradangan pada penumpukan kolesterol.
6. Pisang. Serat larut pada pisang mampu menurunkan kadar kolesterol. Serat larut bekerja dengan menghambat penyerapan kolseterol. Pisang juga mampu mengeluarkan kolesterol melalui sistem pencernaan.
7. Kacang polong. Kandungan serat, mineral dan protein pada kacang polong ada banyak. Sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung. studi menunjukkan, konsumsi 100 gram kacang-kacangan per harinya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 6,6 mg/dL.

Nah, hari puasa selesai, di hari lebaran Anda tetap perlu membatasi makanan. Memang rasanya susah, tapi jika untuk kesehatan Anda tidak ada salahnya bukan melakukannya. Hindari juga makanan mengandung santan, melakukan olahraga, minum air putih yang cukup. Semoga bermanfaat.

Penulis : Ratna Dhelva I. W.
Editor : Titis Nurmalita

Sumber:
Tim, CNN Indonesia. 2021. 12 Makanan Yang Turunkan Kolesterol Usai Makanan Besar Lebaran. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210510112510-262-640818/12-makanan-yang-turunkan-kolesterol-usai-makan-besar-lebaran (Diakses pada 15 Mei 2021).
Anggraini, Dyah Novita. 2020 Hati-Hati, 5 Makanan Lebaran Ini pIcu Kolesterol Tinggi. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3558018/hati-hati-5-makanan-lebaran-ini-picu-kolesterol-tinggi (Diakses pada 15 Mei 2021).
Inderawati, Dyan Mega. 2019. Meski Nikmat, 6 Hidangan Lebaran Ini Merusak Kesehatan. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3628350/meski-nikmat-6-hidangan-lebaran-ini-merusak-kesehatan (Diakses pada 15 Mei 2021).

Pin It
Hits 541