INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

  • By
  • In Lihat
  • Posted 24 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Banyak orang pernah mengalami gangguan pencernaan, seperti sakit perut, mulas, sembelit, mual, atau diare. Jika terjadi sesekali, masalah pada sistem pencernaan tersebut bisa jadi wajar terjadi salah satunya karena penerapan pola makan yang salah. Namun, ketika gejala ini sering terjadi, alangkah baiknya segera ditanggulangi karena bisa menyebabkan masalah serius, seperti memengaruhi status kecukupan gizi pada seseorang.

Gangguan pada sistem pencernaan akan membuat Anda menjadi tidak produktif, apalagi jika Anda harus terbaring di atas kasur untuk istirahat sepanjang waktu. Tentu Anda tidak ingin mengalami kondisi seperti ini, kan? Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap menjaga kesehatan sistem pencernaan, supaya terhindar dari gangguan pencernaan dengan mengikuti tips berikut ini :
1. Konsumsi Real Food
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan jika ingin memiliki kesehatan pencernaan adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Biasakanlah untuk memasak makanan sendiri yang ingin Anda makan. Dengan memasak sendiri, Anda dapat mengatur jenis nutrisi yang masuk. Selama ini, pilihan makanan di luar rumah sering menggunakan makanan olahan, makanan buatan dan bahan pengawet. Bahan yang tidak alami itu akan membebani pencernaan, sehingga gangguan akan sering terjadi.
2. Perbanyak Makanan Berserat
Terlalu banyak mengonsumsi nasi dan lauk berlemak merupakan tindakan yang kurang tepat. Pasalnya, kedua hal tersebut akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Oleh sebab itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan berserat seperti sayuran hijau, buah-buahan dan beberapa jenis biji-bijian. Serat yang masuk akan membuat Anda lebih kenyang dan juga tidak kembung. Dengan begitu pun, sakit saat akan buang air besar akibat sembelit dapat terhindar.
3. Mengonsumsi Lemak Sehat
Jangan terlalu menyalahkan lemak, karena tidak semua lemak itu buruk bagi tubuh Anda. Ada banyak lemak baik untuk tubuh yang bahkan dapat membantu sistem pencernaan dan mencegah terjadinya inflamasi di area usus dan sekitarnya. Anda bisa mendapatkan lemak sehat dari buah-buahan seperti alpukat dan beberapa biji-bijian. Selain itu, ada beberapa pilihan ikan berlemak dengan kandungan asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna, yang bisa dikonsumsi untuk menjaga sistem pencernaan.
4. Kendalikan Stres
Mungkin Anda pernah mengira bahwa stres tidak memiliki efek apa pun pada tubuh. Saat tubuh mengalami stres, kortisol akan dihasilkan dalam jumlah yang besar. Hormon itu dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sehingga sembelit, mual, dan diare pun bisa saja terjadi. Stres yang berlebihan juga akan membuat Anda memiliki pola makan yang buruk.
5. Penuhi Kebutuhan Air Harian
Sebisa mungkin Anda harus memenuhi kebutuhan air harian. Sebab, kebutuhan air harian akan membuat pencernaan berfungsi dengan baik. Feses yang dikeluarkan pun akan menjadi lebih lunak, sehingga kamu tidak akan mengalami sembelit. Oleh sebab itu, konsumsilah setidaknya 8 gelas air atau 2 liter air setiap harinya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Sejumlah tips di atas dapat Anda lakukan, demi menjaga kesehatan pencernaan agar tetap sehat dan tidak terjadi masalah yang lebih serius. Semoga bermanfaat.

Sumber : Halodoc. 2019. https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-tips-menjaga kesehatan-pencernaan. (Diakses pada 23 Mei 2021).

Penulis : Sabita Ibtisamah
Editor : Titis Nurmalita

Pin It
Hits 20628