INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Kenali Manfaat Daun Pepaya

  • By
  • In Lihat
  • Posted 24 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Buah pepaya, siapa yang tidak kenal dengan buah satu ini. Buah pepaya banyak dikenal dengan manfaatnya yaitu melancarkan buang air besar (BAB). Selain itu, satu buah pepaya mengandung banyak nutrisi, vitamin, mineral serta sebagai kecantikan. Namun, tahukah anda ada beberapa manfaat dari daun pepaya. Meskipun rasa daun pepaya ini pahit, jika memiliki beragam manfaat apa salahnya Anda mengenalnya.
Menurunkan risiko kanker
Daun pepaya terdapat kandungan sifat anti-kanker yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan kanker. Dengan mengkonsumsi daun pepaya, dapat membuang racun tubuh yang menyebabkan kanker.
Anti Malaria
Daun pepaya dapat mencegah dan mengobati malaria. Caranya dengan, mengkonsumsi jus daun pepaya satu kali sehari secara rutin. Lebih baik Anda tidak menambahkan gula/zat lain pada jus daun pepaya.
Anti Bakteri
Daun pepaya dapat menghambat tumbuhnya bakteri pada penyakit tubuh. Kandungan senyawanya bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, bakteri, parasit, dan jenis bakteri lain. Adapun kandungan tanin yang bisa menghilangkan cacing, yang dapat merusak dinding usus.
Mencegah Demam Berdarah
Mengkonsumsi jus daun pepaya mampu mencegah penyakit demam berdarah. Demam berdarah berasal dari infeksi virus yang dibawa nyamuk aedes aegypti. Jika semakin parah, menyebabkan penurunan kadar trombosit darah. Dan menjadi buruk jika tidak segera ditangani. Berdasarkan Healthline: 3 penelitian yang melibatkan ratusan orang DB, ditemukan ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan kadar trombosit darah.
Menyeimbangkan Gula Darah
Dalam pengobatan tradisional daun pepaya mengobati diabetes dan kadar gula darah tinggi. Berdasarkan penelitian pada hewan, daun pepaya punya efek antioksidan dan menurunkan gula darah yang kuat. Namun, perlu penelitian lanjut pada manusia.

Sumber :
Fadli, Rizal. 2020. Memiliki Rasa Yang Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya. Diakses pada 23 Mei 2021. https://www.halodoc.com/artikel/memiliki-rasa-yang-pahit-ini-manfaat-daun-pepaya
Tashandra, Nabilla. 2021. Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan. Diakses pada 23 Mei 2021.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/08/100050920/jarang-diketahui-ini-7-manfaat-daun-pepaya-untuk-kesehatan?page=3

Penulis : Ratna Dhelva I. W.
Editor : Titis Nurmalita

Pin It
Hits 1215