INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Makanan Fermentasi yang Memiliki Banyak Manfaat

  • By
  • In Lihat
  • Posted 27 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Makanan fermentasi adalah makanan yang diproses melalui bantuan mikroorganisme atau komponen biologis lain seperti enzim. Makanan fermentasi sendiri termasuk makanan tradisional karena prosesnya merupakan warisan turun temurun. Banyak orang menyukai makanan fermentasi tetapi masih sedikit yang mengetahui bahwa makanan fermentasi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa contoh makanan fermentasi di antaranya tempe, tapai, keju, dan lain-lain. Berikut ini manfaat yang ada pada beberapa makanan fermentasi.
1. Tapai untuk Kesegaran Tubuh
Tapai memiliki kandungan vitamin B1 yang bermanfaat sebagai koenzim thiamin pyrophosphate (TPP) dalam tubuh yang mengkatalis karbohidrat, lemak, atau protein untuk menghasilkan energi. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi tapai dalam jumlah yang cukup, tubuh dapat menjadi segar karena kebutuhan energi terpenuhi.
2. Tempe Mencegah Kanker dan Menurunkan Gula Darah
Pada tempe yang melalui proses fermentasi, kandungan asam fitat yang terdapat dalam kedelai diturunkan hingga 30% sehingga kadar asam fitat tidak lebih dari 1%. Pada kadar sebesar itu, asam fitat tidak lagi berfungsi sebagai penghambat tetapi dapat bermanfaat mengatur proses metabolisme karbohidrat sehingga tidak terjadi lonjakan gula darah (hiperglikemia). Hal inilah yang mampu membantu menurunkan gula darah dan bermanfaat bagi tubuh. Selain asam fitat, pada tempe juga terdapat senyawa fungsional isoflavon yang bersifat sebagai antikarsinogenik. Menurut Watanabe, senyawa ini dapat menurunkan risiko kanker payudara dan prostat.
3. Produk Fermentasi Bakteri Asam Laktat sebagai Anti Karsinogenik
Diketahui bahwa selama proses fermentasi pada sayur asin, bekasam, dan sejenisnya, bakteri asam laktat menghasilkan asam-asam organik rantai pendek. Asam-asam organik seperti itu memberikan kontribusi sehat bagi yang mengkonsumsi karena bersifat antikarsinogenik.

Referensi:
Masdarini, L. (2011). Manfaat dan Keamanan Makanan Fermentasi untuk Kesehatan (Tinjauan dari Aspek Ilmu Pangan). Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 8(1).

Penulis : Dyah Putri Ayu Lestari
Editor : Dyah Ratika Maulani Wulandari

Pin It
Hits 1438