INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

5 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

  • By
  • In Lihat
  • Posted 28 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Bawang putih merupakan salah satu bahan bumbu dapur yang hampir selalu ada pada setiap masakan. Bawang putih pada mulanya adalah tanaman yang biasa dibudidayakan di dataran tinggi, tetapi saat ini di Indonesia bawang putih telah banyak ditanam di dataran rendah. Beberapa orang mungkin mengenal bawang putih sebagai suatu tanaman yang identik dengan makanan. Namun, tahukah kalian bahwa bawang putih juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Berikut ini lima manfaat bawang putih yang berguna untuk kesehatan.
1. Membantu Menurunkan Kolesterol
Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol karena adanya zat ajoene yang terkandung di dalamnya. Dimana senyawa ini bersifat anti kolesterol dan mencegah penggumpalan darah.
2. Membantu Mencegah Serangan Jantung
Sebuah penelitian menemukan bahwa bawang putih bermanfaat membantu mengecilkan sumbatan pada arteri jantung sehingga meminimalkan serangan. Penelitian ini mengungkapkan jika mengonsumsi bawang putih secara teratur 2 -3 siung setiap hari dapat mencegah serangan jantung.
3. Mencegah Kanker
Bawang putih juga mampu membantu menghindari kanker yang dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa resiko terkena kanker di usia tua berkurang sebanyak 50% bila mengkonsumsi bawang putih secara rutin.
4. Mengatasi Darah Tinggi
Kandungan asam amino allicin yang bersifat antioksidan penyerap lemak mampu menyembuhkan darah tinggi secara efektif. Mengonsumsi dua siung bawang putih yang dipotong halus setiap pagi dan sore selama dua minggu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal.
5. Mengatasi Berbagai Penyakit Lain
Dalam pengobatan tradisional India, Ayurveda, umbi lahsun (sebutan lain bawang putih) digunakan untuk menghangatkan tubuh, memperlancar sirkulasi darah, serta menyembuhkan sakit perut. Tanaman ini berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit berkat kandungan senyawa aktif allicin di dalam umbinya.

Penulis : Dyah Putri Ayu Lestari
Editor : Titis Nurmalita

Referensi:
Titisari, A., Setyorini, E., Sutriswanto, S., & Suryantini, H. (2019). Kiat Sukses Budi Daya Bawang Putih. (http://repository.pertanian.go.id/handle/123456789/9503)
Untari, I. (2010). Bawang putih sebagai obat paling mujarab bagi kesehatan. Gaster, 7(1), 547-554. (http://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/gaster/article/view/59)

Pin It
Hits 1275