INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Biasanya cuka apel akan digunakan untuk menjadi pelengkap bahan masakan. Tapi perlu diketahui juga bahwa cuka apel sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sebelum membahas manfaat cuka apel, kita perlu mengetahui apa itu cuka apel!

Cuka apel merupakan cairan yang dibuat dengan cara menghaluskan apel lalu diperas untuk diambil cairannya. Setelah air perasan apel didapat, bakteri dan ragi ditambahkan kedalam cairan tersebut yang berguna untuk memulai proses fermentasi alkohol. Selain ragi, gula juga ditambahkan ke dalam cairan apel untuk diubah menjadi alkohol.

Pada proses fermentasi kedua, alkohol diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat. Meski kandungan vitamin dan mineralnya tidak banyak, kandungan cuka apel berupa antioksidan, asam amino, dan potassium yang sangat berguna bagi tubuh.

Berikut manfaat cuka apel untuk kesehatan
1. Menurunkan kadar gula darah
2. Menurunkan risiko penyakit jantung
3. Membunuh kuman pada makanan
4. Menurunkan berat badan
5. Menjaga dan merawat kecantikan kulit wajah
6. Menjaga kesehatan system pencernaan
7. Menurunkan risiko kanker
8. Mengurangi peradangan
9. Mengontrol kadar insulin dalam tubuh
10. Memutihkan gigi
11. Melindungi sel-sel dalam tubuh
12. Menurunkan tekanan darah
13. Sebagai obat penawar bila tersengat ubur-ubur

Meskipun cuka apel memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, kita juga perlu mengetahui takaran yang pas atau sesuai untuk mengonsumsi cuka apel sehingga dapat terhindar dari efek samping yang ditimbulkan bila mengonsumsi berlebihan.

Berdasarkan suatu penelitian, seseorang dapat mengonsumsi 15 ml cuka apel per hari yang mana dalam ukuran tersebut sudah mengandung 750 mg asam asetat. Selain itu untuk mengurangi risiko efek samping penggunaan cuka apel, kita dapat melakukan Langkah-langkah berikut:
1. Mengurangi jumlah cuka apel yang kita konsumsi
2. Membatasi menggunakan cuka apel pada permukaan kulit
3. Bila ingin dikonsumsi, kiranya kita dapat mencampur cuka apel kedalam makanan atau air
4. Kurangi atau batasi penggunaan cuka apel secara langsung pada gigi.

Referensi:
Tanamas, Bobtriyan. 2020. Tak Hanya untuk Masakan, Ini Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan dalam https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3617476/tak-hanya-untuk-masakan-ini-manfaat-cuka-apel-bagi-kesehatan diakses tanggal 5 Mei 2021
Yuniar, Maria. 2019. Segudang Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dalam https://www.sehatq.com/artikel/berbagai-manfaat-cuka-apel-untuk-kesehatan-tubuh diakses tanggal 5 Mei 2021

Pin It
Hits 2883