INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Bolehkah Minum Es saat Sedang Menstruasi

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Haid atau menstruasi merupakan peluruhan atau pelepasan sel telur yang tidak dibuahi oleh sel sperma pada setiap bulan.

Banyak stigma yang muncul di masyarakat bahwa minum es dapat menyebabkan darah membeku selama menstruasi atau haid. Hal tersebut merupakan 100% mitos. Mengapa demikian ? fakta menyebutkan bahwa siklus menstruasi ini diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesterone yang ada dalam tubuh. Keseimbangan hormone ini dipengaruhi oleh keadaan fisik dan psikologis seseorang.

Minuman dingin atau es diketahui tidak mempengaruhi siklus menstruasi. Minuman es juga tidak dengan mudah mengubah suhu tubuh seseorang. Sehingga Ketika seseorang mengonsumsi air es maka organ lambung akan menyesuaikan suhu makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Proses tersebut menyebabkan air dingin yang diminum tidak dapat memengaruhi pembekuan darah, karena suhunya sudah disesuaikan ketika masuk ke dalam lambung.

Meskipun minuman dingin atau es tidak mempengaruhi haid, tetapi ada beberapa minuman yang harus dihindari Ketika mengalami masa menstruasi, seperti
1. Alkohol
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol selama haid dapat mengakibatkan timbulnya nyeri haid hebat.
2. Kopi
Pada kopi terdapat kandungan kafein yang tinggi yang dapat meningkatkan kadar asam lambung. Ketika asam lambung meningkat saat menstruasi maka hal tersebut dapat memperparah nyeri haid.
3. Teh
Mengonsumsi teh berlebihan dapat mengganggu produksi sel darah merah. Bila produksi sel darah merah terganggu selama masa menstruasi, maka bisa saja kita akan terkena anemia defisiensi zat besi.
4. Soda
Minuman bersoda mengandung kafein dan gula yang cukup tinggi. Bila kedua zat ini kita konsumsi selama masa menstruasi, ini akan mengakibatkan nyeri atau gejala haid akan bertambah parah.

Ada beberapa manfaat minum es ketika haid atau menstruasi, yaitu sebagai berikut
1. Meningkatkan detak jantung
2. Mencegah konstipasi
3. Mengurangi nyeri haid

Referensi:
Nursalim, Alvin. 2020. Minum Es saat Haid Bikin Darah Membeku, Mitos atau Fakta? dalam https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3629453/minum-es-saat-haid-bikin-darah-membeku-mitos-atau-fakta diakses tanggal 5 Mei 2021
Trifiana, Azelia. 2019. Minum Es saat Haid Berbahaya, Mitos atau Fakta? dalam https://www.sehatq.com/artikel/minum-es-saat-haid-berbahaya-mitos-atau-fakta diakses tanggal 5 Mei 2021

Pin It
Hits 4411