INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

TUMOR MATA

  • By
  • In Lihat
  • Posted 02 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Tumor mata (tumor okular) merupakan kondisi yang muncul ketika terdapat benjolan karena ada sekumpulan sel yang tumbuh secara abnormal. Tumor mata bisa terjadi pada semua bagian mata, mulai dari kelopak mata hingga lapisan terdalam bola mata. Tumor mata ada yang bersifat jinak atau ganas. Perbedaannya, tumor mata ganas (kanker mata) bisa menyebar ke organ lain, sedangkan tumor mata jinak tidak.

Jenis-jenis tumor jinak pada mata
1. Hemangioma koroid
Hemangioma koroid adalah jenis tumor yang tumbuh dengan sangat lambat. Jaringan abnormal ini menyerang pembuluh darah yang terletak di dalam koroid, yaitu dinding mata. Jenis tumor mata ini paling sering dialami orang dewasa.
2. Tahi lalat mata
Tumor okular dapat terlihat dalam bentuk tahi lalat yang tumbuh di bagian iris, dinding mata, dan konjungtiva.
3. Hemangioma kavernosa
Selain pada pembuluh darah yang terletak di dinding mata, tumor juga bisa tumbuh pada pembuluh darah di bagian kantung mata. Tumor mata jinak belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, tumor jinak yang tumbuh pada kelopak mata atau selaput mata diduga bisa disebabkan oleh paparan debu dan sinar ultraviolet. Beberapa pertumbuhan tumor juga diduga disebabkan oleh virus.

Ada beberapa gejala tumor mata:
- Mata menonjol (tidak nyeri).
- Mata merah.
- Mata bengkak, gatal, dan panas.
- Gangguan penglihatan.
- Mata terasa seperti ada yang mengganjal.

Bila dirasa mata sudah mengalami gejala yang parah, segera periksakan diri ke dokter untuk diberikan pengobatan. Operasi pengangkatan tumor bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasi tumor mata ataupun kutil yang berukuran kecil dan berada di luar mata. Namun, jika tumor berada di dalam mata dan berukuran cukup besar, bisa jadi diperlukan terapi bedah laser atau radiasi.

Referensi :
Nareza, Meva. 2020. Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Tumor Mata dalam https://www.alodokter.com/penyebab-gejala-dan-cara-mengobati-tumor-mata diakses tanggal 2 Juli 2021
Kemala, Fidhia. 2021. Tumor Mata dalam https://hellosehat.com/mata/penyakit-mata/tumor-mata/ diakses tanggal 2 Juli 2021

Pin It
Hits 5358