INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Langkah Sederhana Meminimalisir Penyakit Pada Paru-Paru

  • By
  • In Lihat
  • Posted 12 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Paru-paru adalah organ vital tubuh yang harus dijaga dan tidak boleh disia-siakan. Bagaimana tidak, paru-parulah yang membuat Anda tetap bernapas dan hidup. Namun, Anda mungkin kerap kali melupakan peran penting tersebut dan mengabaikan kesehatannya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru, salah satunya adalah menghentikan kebiasaan merokok dan menghindari polusi udara. Terganggunya paru-paru tentu meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti bronkitis, pneumonia, asma, dan tuberkulosis.

Inilah Cara Sederhana Jaga Kesehatan Paru-Paru

Ada beberapa gejala yang menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada paru-paru, seperti alami sesak napas, kesulitan bernapas, mengalami batuk yang tidak kunjung hilang, merasa tidak nyaman ketika batuk, dan batuk yang bercampur dengan darah atau lendir.

Kondisi ini dapat diatasi sesuai dengan penyebab gangguan yang terjadi pada paru-paru. Namun, tidak ada salahnya untuk mencegah kondisi ini dengan menjaga kesehatan paru-paru agar tetap maksimal dalam menjalankan fungsinya. Berikut ini cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan paru-paru yang sehat, yaitu:
1. Rajin Berolahraga
Dilansir dari Medical News Today, rajin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental kamu. Ya, rutin berolahraga membuat paru-paru menjadi lebih sehat. Tidak hanya itu, rutin olahraga juga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Rutin berolahraga juga meningkatkan kualitas sistem pernapasan kamu.
Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda. Hal ni berlaku untuk semua orang, tak terbatas usia atau keterbatasan fisik. Latihan aerobik bisa menjadi salah satu pilihannya.
Dikutip dari Harvard Health Publishing, latihan aerobik memang tidak dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Namun, olahraga ini bisa membantu membantu meningkatkan kapasitas paru-paru (kemampuan paru-paru menampung oksigen yang Anda hirup sekali bernapas).
2. Hentikan Kebiasaan Merokok
Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, kebiasaan merokok menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dalam tubuh, termasuk pada paru-paru. Merokok dapat sebabkan kerusakan pada kantung udara kecil dan saluran udara pada paru-paru. Tidak hanya itu, penyebab kanker paru-paru yang paling banyak adalah kebiasaan merokok. Perokok aktif lebih berisiko mengalami gangguan pada paru-paru dibandingkan perokok pasif. Jadi, mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk hentikan kebiasaan merokok.
Dikutip dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat, CDC, rokok dapat memperburuk kondisi Anda jika mengidap asma. Perokok disebut punya peluang 12-13 kali lebih tinggi untuk meninggal akibat PPOK daripada mereka yang bukan perokok.
3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan
Dilansir dari Healthline, cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan memiliki fungsi untuk menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Kamu dapat mengonsumsi beberapa makanan, seperti dark chocolate, sayuran hijau, stroberi, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan antioksidan dalam tubuh.
4. Mencegah Infeksi Saluran Napas
Infeksi pernapasan bisa menjadi kondisi yang sangat serius. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga untuk mencegah infeksi:
•Cuci tangan Anda dengan sabun dan air
•Hindari kerumunan saat musim pilek dan flu
•Sikat gigi Anda paling tidak dua kali sehari dan kunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali
•Lakukan vaksinasi influenza setiap tahun. Anda mungkin juga perlu berdiskusi mengenai vaksinasi pneumonia yang tepat untuk Anda •Jika sakit, tetaplah di rumah sampai Anda merasa lebih baik. Hal ini akan membantu mencegah penularan
5. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan secara Rutin
Jangan takut untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin tiap tahunnya. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, kamu mengetahui kesehatan kamu yang sesungguhnya. Dengan begitu, gangguan yang ada pada tubuh dapat segera diatasi sejak dini. Kondisi ini dapat menghindari kamu dari komplikasi yang mungkin terjadi.
6. Hindari Terkena Polutan di dalam Ruangan
Cara menjaga paru-paru agar tetap sehat berikutnya adalah dengan menghindari segala polutan di dalam ruangan yang berpotensi merusak paru-paru Anda. Menjadi perokok pasif, terkena polusi di rumah atau tempat kerja, atau terpapar radon (bahan kimia radiokatif) dapat membuat penyakit paru-paru semakin buruk.
Oleh karena itu, selalu pastikan untuk menjaga rumah, ruangan kerja, hingga mobil Anda bebas dari asap rokok. Pastikan juga rumah Anda bebas dari radon.
7. Kurangi terkena polusi di luar ruangan
Ingatlah bahwa udara di luar ruangan tidak selalu baik untuk kesehatan paru-paru Anda. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda adalah dengan mengurangi aktivitas di luar ruangan jika udaranya sedang tidak bagus.

Selain itu, Anda juga dapat mempelajari bagaimana perubahan iklim dan bencana alam dapat menurunkan kesehatan paru-paru Anda. Dengan mengetahui tentang pengaruh udara terhadap kesehatan paru-paru, Anda mungkin dapat dengan mudah melakukan cara yang menjaga kesehatan Anda sekeluarga secara keseluruhan.

Referensi :
Florencia, G. (2020) 5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Paru-Paru. Available at: https://www.halodoc.com/artikel/5-cara-sederhana-menjaga-kesehatan-paru-paru (Accessed: 3 July 2021).
Nurin, F. (2020) 6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-Paru. Available at: https://hellosehat.com/pernapasan/cara-menjaga-kesehatan-paru/ (Accessed: 3 July 2021).

Pin It
Hits 567