INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Kanker Kelenjar Getah Bening

  • By
  • In Lihat
  • Posted 12 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Kanker getah bening adalah kanker yang menyerang sistem limfatik, yaitu bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi. Kanker getah bening muncul ketika jumlah sel-sel limfosit di kelenjar getah bening bertambah dengan cepat dan menjadi ganas. Hal ini membuat jumlah sel getah bening menjadi terlalu banyak hingga menyebabkan kelenjar getah bening membengkak. Penyebab kanker getah bening masih belum diketahui dengan pasti, namun ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena penyakit ini.

Kanker getah bening Hodgkin

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya kanker getah bening Hodgkin meliputi:
- Berusia antara 20-40 tahun atau di atas 55 tahun.
- Berjenis kelamin laki-laki.
- Memiliki keluarga kandung yang terdiagnosis menderita kanker jenis ini.
- Menderita infeksi virus Epstein-Barr (EBV) yang dapat menyebabkan mononukleosis.
- Memiliki daya tahan tubuh lemah, misalnya akibat infeksi HIV atau penggunaan obat penekan sistem kekebalan tubuh.

Kanker getah bening non-Hodgkin

Sedangkan beberapa faktor risiko kanker getah bening non-Hodgkin meliputi:
- Memiliki sistem kekebalan tubuh melemah.
- Menderita penyakit autoimun, seperti rheumatoid arthritis atau penyakit celiac.
- Berusia di atas 60 tahun. Namun, penyakit ini juga bisa menyerang anak-anak.
- Memiliki riwayat penyakit leukemia, infeksi bakteri pylori, atau infeksi virus hepatitis C dan virus Epstein-Barr (EBV).
- Memiliki riwayat sering terpapar radiasi nuklir dan bahan kimia beracun, seperti pestisida dan herbisida.
- Memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Berikut ini tanda dan gejala yang mungkin dirasakan karena adanya kanker kelenjar getah bening, antara lain:
1. Pembengkakan di kelenjar getah bening
Sel limfosit yang abnormal berkembang dan menumpuk di kelenjar getah bening. Hal ini kemudian dapat menyebabkan pembengkakan di kelenjar getah bening, terutama di area leher, bawah ketiak, atau selangkangan.
2. Kelelahan yang tidak kunjung hilang
Kelelahan yang tidak kunjung hilang merupakan akibat metabolisme yang terganggu karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal dalam tubuh.
3. Demam dan berkeringat pada malam hari
Sel limfoma ini dapat menghasilkan zat kimia tertentu yang meningkatkan suhu tubuh. Menurut Lymphoma Action, limfoma bisa menyebabkan kenaikan suhu tubuh hingga ke 38°C.
4. Penurunan berat badan tanpa alasan tertentu
Karena perkembangan sel kanker yang agresif dan cepat, hal ini akan menyebabkan penurunan berat badan yang sangat cepat. 5. Kulit gatal-gatal
Kanker kelenjar getah bening ini dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit, terutama di sekitar kelenjar getah bening yang terkena sel kanker seperti di kaki bagian bawah, atau di seluruh tubuh.
6. Batuk dan sesak napas
Batuk, sesak nafas, bahkan hingga rasa nyeri di bagian dada bisa timbul sebagai gejala kanker getah bening atau limfoma karena adanya pembengkakan kelenjar getah bening di area dada. Kelenjar getah bening yang bengkak tersebut menekan saluran udara, paru-paru, atau pembuluh darah, sehingga menimbulkan gejala tersebut.
7. Perasaan seperti kenyang di perut
Limfoma juga bisa berkembang di kelenjar getah bening di perut atau sistem limfatik di hati atau limpa. Kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan limpa dan mungkin akan merasakan sakit di bagian tulang rusuk sisi kiri, kembung, atau terasa seperti kenyang meski hanya mengonsumsi sedikit makanan.
8. Pusing, sakit kepala, kejang dan gejala lain
Kondisi tersebut umumnya terjadi bila sel limfoma mulai atau telah menyebar ke otak atau sistem saraf.

Referensi:
Adrian, Kevin. Tt. Penyebab Kanker Getah Bening dan Faktor Risikonya dalam https://www.alodokter.com/penyebab-kanker-getah-bening-dan-faktor-risikonya diakses tanggal 3 Juli 2021.
Fadila, Ihda. 2021. Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening (Limfoma) yang Umum Terjadi dalam https://hellosehat.com/kanker/limfoma/gejala-kanker-getah-bening/ diakses tanggal 3 Juli 2021

Pin It
Hits 7664