INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mengenal Kanker Serviks

  • By
  • In Lihat
  • Posted 12 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi saat ada sel-sel di leher rahim yang tidak normal, dan berkembang terus tanpa terkendali. Leher rahim alias serviks adalah organ yang berbentuk seperti tabung. Fungsinya yaitu menghubungkan vagina dengan rahim. Sel-sel abnormal tersebut bisa berkembang dengan cepat sehingga mengakibatkan tumor pada serviks. Tumor yang ganas nantinya berkembang jadi penyebab kanker serviks.

Kanker serviks dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:
- Squamous cell carcinoma, yaitu jenis kanker yang berawal pada dinding bagian luar leher rahim dan mengarah ke vagina. Jenis kanker ini sering terjadi atau menyerang Wanita.
- Adenocarcinoma, yaitu kanker yang berawal pada sel glandular, terdapat pada dinding kanal serviks.

Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan penyakit kanker yang menyerang leher rahim dan disebabkan oleh human papilloma virus atau HPV. Ada beberapa hal berikut yang menjadi ciri-ciri kanker serviks, antara lain:
1. Pendarahan vagina yang tidak normal
Ketika wanita menderita kanker serviks, gejala yang biasanya muncul adalah perdarahan yang tidak normal pada vagina. Perdarahan yang dialami bisa lebih banyak atau pun lebih sedikit dari menstruasi biasanya.
2. Keputihan yang tidak biasa
Lendir pada keputihan akan mengalami perubahan warna, memiliki aroma yang tidak sedap atau bau, serta terjadi perubahan tekstur dan konsistensi cairan vagina.
3. Nyeri saat berhubungan intim
Nyeri panggul saat berhubungan intim ini menimbulkan rasa tidak nyaman.
4. Frekuensi buang air kecil meningkat
Saat buang air kecil terasa sakit dan tidak dapat menahan keinginan untuk BAK merupakan salah satu ciri kanker serviks.
5. Mudah lelah
Kondisi ini terjadi akibat perdarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga lama kelamaan tubuh mengalami kekurangan sel darah merah (anemia) yang menyebabkan munculnya rasa lelah.
6. Pembengkakan di salah satu tungkai
Kondisi ini dapat terjadi ketika sel kanker menekan pembuluh darah di panggul, sehingga menghambat sirkulasi darah ke tungkai. Akibatnya, terjadi penimbunan cairan yang membuat tungkai menjadi bengkak.
7. Kehilangan nafsu makan
Hal ini dikarenakan penyebaran sel kanker dapat membuat metabolisme tubuh berubah sehingga berpengaruh terhadap nafsu makan.
8. Keluar urine atau feses dari vagina
Hal ini bisa terjadi akibat terbentuknya fistula antara vagina dan saluran kemih, atau fistula ani antara vagina dan anus, sehingga urine dan feses dapat melewati vagina.

Beberapa komplikasi kanker serviks yang terjadi sebagai efek samping pengobatan adalah sebagai berikut.
- Menopause dini.
- Gangguan limpa yang ditandai dengan pembengkakan pada tangan atau kaki.
- Dampak emosional.

Sementara itu, komplikasi yang terjadi karena kanker serviks yang dialami sudah pada tahapan yang cukup parah adalah:
- Gagal ginjal.
- Penggumpalan darah.
- Perdarahan.
- Fistula, yaitu terbentuknya saluran abnormal yang menghubungkan organ-organ dalam tubuh.

Referensi:
Hapsari, Annisa. 2021. Kanker Serviks (Kanker Leher Rahim) dalam https://hellosehat.com/kanker/kanker-serviks/pengertian-kanker-serviks/ diakses tanggal 3 Juli 2021
Nareza, Meva. 2020. Ini Ciri-Ciri Kanker Serviks yang Perlu Anda Waspadai dalam https://www.alodokter.com/ini-ciri-ciri-kanker-serviks-yang-perlu-anda-waspadai diakses tanggal 3 Juli 2021

Pin It
Hits 1904