INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Si Manis Es Krim yang Kaya Manfaat

  • By Rosita
  • In Lihat
  • Posted 11 August 2022

Hai Sobatners! Terkadang saat merasa lelah dan cemas karena aktivitas sehari-hari, pernah nggak sih kalian makan sesuatu yang membuat suasana hati jadi enak atau istilahnya jadi good mood lagi? Misalnya makan cokelat, snack favorit, sampai buah-buahan yang nggak kalah segar!

Selain makanan di atas, apa kalian tahu kalau makan es krim bisa juga untuk mengurangi perasaan sedih dan membantu meningkatkan suasana hati?

Es krim yang mengandung asam amino seperti triptofan, dikenal dapat meningkatkan serotonin yang bisa membuat seseorang merasa tenang, puas, dan bahagia. Dikutip dari laman ScienTime, ternyata es krim dapat mempengaruhi kondisi fisik maupun perasaan. Di bawah ini beberapa manfaat mengonsumsi es krim terutama saat sedang dalam kondisi bad mood.

1. Memperbaiki Suasana Hati

Susu adalah bahan utama es krim yang kaya akan L-triptofan yang menurut penelitian dilansir dari situs parenting dapat memberikan perasaan rileks pada sistem saraf sehingga sangat membantu mengurangi perasaan sedih, depresi, stres, dan cemas yang berlebih. L-triptofan juga membantu mengurangi gejala insomnia. Selain menenangkan sistem saraf, es krim akan memberikan rangsangan pada trombotonin yang dapat memberikan perasaan bahagia dan gembira.

2. Meningkatkan Libido

Dengan mengonsumsi es krim secara teratur, sirkulasi oksigen meningkat dan pH tubuh menjadi seimbang. Kandungan fosfor pada es krim juga membantu meningkatkan kadar hormon testosteron.

3. Kaya akan Vitamin

Susu yang ada pada es krim baik untuk tubuh karena kaya akan vitamin A, B5, B12, C, D, dan E. Bahkan es krim yang mengandung vitamin K sangat baik untuk mencegah pembekuan darah.

4. Sumber Kalsium dan Fosfor

Kandungan fosfor dalam es krim dapat mencegah sindrom PMS dan perubahan suasana hati pada wanita. Sedangkan kalsium membantu menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat sehingga terhindar dari osteoporosis atau gejala kerapuhan tulang.

5. Sumber Energi

Es krim mengandung lemak, protein, dan karbohidrat yang sangat baik apabila dikonsumsi oleh tubuh.

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi es krim. Walaupun es krim memiliki banyak manfaat bagi tubuh, kita tetap harus membatasi konsumsi es krim dan memilih es krim yang mengandung rendah gula dan rendah lemak.

 

Referensi:

Manfaat Makan Es Krim bagi Psikologis, Benarkah Bisa Bikin Bahagia? (tirto.id)

 

Penulis: Dewi Rachmawati (Airlangga Nursing Journalist)
Editor: Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 16433

Berita Terbaru