INFORMASI TEST ELPT (CLICK HERE) Keperawatan Lanjut

Keperawatan Lanjut

Loading ... Loading ... Loading ...

DEPARTEMEN KEPERAWATAN LANJUT

1. Profil Departemen

Departemen Keperawatan Lanjut (Department of Advanced Nursing) sesuai namanya departemen ini merupakan departemen keperawatan bercirikan pendidikan keperawatan tingkat lanjut. Departemen Keperawatan Lanjut terdiri dari 3 program studi (prodi) yaitu:

     a. Prodi Magister Keperawatan (S2 Keperawatan)

     b. Prodi Spesialis Keperawatan Medikal Bedah (Sp Keperawatan Medikal Bedah)

     c. Prodi Doktor Keperawatan (S3 Keperawatan)

2. Keunggulan Departemen

Departemen Keperawatan Lanjut berfokus untuk mendidik perawat yang memiliki kualifikasi KKNI 8 (Mengembangkan IPTEKS melalui riset inter/ multi disiplin, inovasi, teruji) dan KKNI 9 (Pendalaman dan perluasan IPTEKS, riset multi-transdisiplin).

a. Prodi Magister Keperawatan (S2 Keperawatan)

Program Magister Keperawatan adalah program S2 Keperawatan, pendidikannya adalah 2 tahun akademik Jurusan ini mendapat akreditasi A oleh LAMPT-Kes dan sedang dalam proses akreditasi ASIIN (Accreditation Agency for Study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics). Profil lulusan Magister Keperawatan meliputi Ilmuwan, Pendidik, dan Manajer. Visi jurusan ini adalah “Menjadi Program Studi Magister Keperawatan yang mandiri, inovatif, terkemuka, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, dan praktik keperawatan di tingkat nasional dan internasional, berlandaskan nilai kebangsaa, etik, dan moral agama. Total SKS 45. Terdapat 4 konsentrasi yang dapat dipilih pada Prodi Magister Keperawatan, yaitu:

  • Keperawatan Medikal Bedah
  • Keperawatan Komunitas
  • Keperawatan Jiwa

Manajemen Keperawatan.

b. Prodi Spesialis Keperawatan Medikal Bedah (Sp Keperawatan Medikal Bedah)

Program Studi Spesialis Keperawatan adalah program pendidikan profesi spesialis, pendidikannya 1,5 tahun akademik Jurusan ini sedang dalam proses akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional. Profil lulusan Spesialis Pendidikan Keperawatan meliputi Care Provider, Communicator, Educator dan promotor kesehatan, Manajer , Pemimpin dan Peneliti Visi jurusan ini adalah menjadi program studi keperawatan bedah medik yang mandiri, inovatif, terdepan, terdepan, pionir dalam pengembangan caring in advance care berdasarkan inovasi dan kepemimpinan dalam Medical Surgical Nursing dengan keunggulan dalam Emergency Nursing, Keperawatan Anestesi, Keperawatan Bedah, dan Keperawatan Kritis di tingkat nasional dan internasional berdasarkan nilai-nilai kebangsaan, etika dan moral agama Total SKS 46. Terdapat 4 konsentrasi yang dapat dipilih pada Prodi Spesialis Keperawatan Medikal Bedah, yaitu:

  • Spesialis Keperawatan Gawat Darurat
  • Spesialis Keperawatan Anestesi
  • Spesialis Keperawatan Perioperatif
  • Spesialis Keperawatan Kritis

c. Prodi Doktor Keperawatan (S3 Keperawatan)

Program Doktor Keperawatan adalah program pendidikan akademik, pendidikannya adalah tahun akademik 3 Jurusan ini mendapat akreditasi kelas B Badan Akreditasi Nasional Profil lulusan Doktor Pendidikan Keperawatan meliputi Care Provider, Communicator, Educator and health promoter, Manager, Leader dan Peneliti Visi jurusan ini adalah Doktor Keperawatan yang mandiri, inovatif, terdepan, pelopor dalam pengembangan ilmu keperawatan dan penelitian dengan keunggulan kepedulian sepanjang hayat di tingkat nasional dan internasional, berdasarkan nilai-nilai kebangsaan, etika dan moral agama. Total kredit adalah 57.

3. Program tahunan departemen

Rekrutmen mahasiswa

Rekrutmen dilakukan setiap semester ganjil dan genap. Rekrutmen mahasiswa semester ganjil dimulai pada bulan Februari hingga Maret sedangkan rekrutmen mahasiswa semester genap dimulai pada bulang September hingga bulan Oktober. Pengumuman terkait rekrutmen mahasiswa dapat diakses melalui website ppmb.unair.ac.id.

Pengembangan dosen

Dosen Departemen Keperawatan Lanjut sangat didorong untuk mengikuti pelatihan yang penting untuk mengembangkan ilmu sebagai pendidik keperawatan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan dosen dalam menjalankan tugas tridharma perguruan tinggi. Pengembangan yang diikuti dosen departemen keperawatan lanjut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pendidikan
  • Pelatihan PEKERTI, AA, Perceptorship, dll
  • Penelitian
  • Pelatihan penelitian kesehatan, menulis artikel penelitian, review artikel, dll
  • Pengabdian kepada masyarakat
  • Pelatihan pengabdian masyarakat, mengikuti program hibah pengabdian masyarakat secara aktif, dll

Kegiatan tridharma perguruan tinggi

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, bahkan ke seluruh Indonesia.

 4. Daftar dosen yang  masuk pada Departemen Keperawatan Lanjut

Prodi Magister Keperawatan
(S2 Keperawatan)

Prodi Spesialis Keperawatan Medikal Bedah
(Sp Keperawatan Medikal Bedah)

Prodi Doktor Keperawatan
(S3 Keperawatan)

1.Dr. Retno Indarwati, S.Kep., Ns., M.Kep 1. Dr. Sriyono, S.Kep, Ns,M.Kep,SP.Kep.MB 1. Prof. Dr. H. Nursalam, M.Nurs (Hons)
2. Dr. Hj. Hanik  Endang  Nihayati, S.Kep., Ns., M.Kep 2. Dr. Abu Bakar, S.Kep.Ns., M.Kep.Sp.Kep.MB 2. Prof. Dr. H. Kusnanto, S.Kp., M.Kes
3. Dr. Mira Triharini, S.Kp., M.Kep. 3. Dr. Ika Yuni Widyawati, S.Kep.Ns., M.Kep., Ns.Sp.Kep.MB

3. Prof. Dr. H. Ah. Yusuf , S.Kp., M.Kes.

4. Dr. Makhfudli, S.Kep,Ns, M.Ked.Trop 4. Dr. Yulis Setiya Dewi, S.Kep.Ns., M.Ng. 4. Dr. Joni Haryanto, S.Kp.M.Si
5. Dr. Andri Setiya  Wahyudi, S.Kep.Ns., M.Kep 5. Deni Yasmara, S.Kep.Ns., M.Kep., Ns.Sp. Kep.MB.

5. Dr. Tintin Sukartini, S.Kp., M.Kes.

6. Arina  Qona'ah,  S.Kep., Ns., M.Kep 6. Hakim Zulkarnain, S.Kep.Ns., MSN 6. Ferry Efendi, S.Kep.Ns., M.Sc., Ph.D
7. Ira Suarilah, S.Kp., M.Sc. 7. Ilya Krisnana, S.Kep.Ns., M.Kep.
8. Dianis  Wulan Sari, S.Kep.Ns., M.HS, Ph.D 8. Eka Mishbahatul M.HAS, S.Kep., Ns., M.Kep
     
Pin It
Hits 29375