INFORMASI TEST ELPT (CLICK HERE) Sarjana Keperawatan

Sarjana Keperawatan

Selayang Pandang Program Studi Keperawatan (PS Sarjana dan PS Pendidikan Profesi Ners)

Sejarah berdirinya Program Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga diawali dengan dibukanya Program Studi Diploma IV Perawat Pendidik pada bulan November 1997 yang berada dibawah  Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Landasan pendirian Program Studi tersebut didasarkan pada tuntutan kebutuhan akan peningkatan layanan keperawatan profesional dan merujuk pada kebijaksanaan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia pada saat itu.

Pendirian Program Studi Keperawatan merupakan hasil upaya bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Kesehatan dan lembaga terkait lain. Sebelum pendirian PSIK atas inisiasi dari Consorcium Health Science (CHS) tokoh-tokoh keperawatan Jawa Timur membentuk Kelompok Kerja (POKJA) Keperawatan pada Bulan Desember 1997 dan selanjutnya  mengadakan lokakarya secara intensif sejak tahun 1998. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga telah ditunjuk oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Surat Keputusan dari Dirjen Dikti No : 122/Dikti/Kep/1999, tanggal 7 April 1999 untuk menyelenggarakan Program Studi S1 Ilmu Keperawatan. Pada tanggal 20 Juni 2008 berdasarkan SK Rektor nomor 5404/J03/OT/2008 ditetapkan bahwa PSIK FK Unair berubah status menjadi Fakultas Keperawatan.

Nama  Program Studi  Ilmu Keperawatan  (PSIK) mengalami perubahan menjadi  Program Studi Pendidikan Ners berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Airlangga Nomor 9626/UN3/KR/2013 pada tanggal  28 Juni 2014 dan pada tahun 2018 dengan keputusan Rektor No 898/UN3/2018 tentang Penataan Penamaan Program Studi di Lingkungan Universitas Airlangga berubah nama menjadi Program Studi Keperawatan dengan jenjang sarjana, serta Program Studi Pendidikan Profesi Ners untuk jenjang profesi.

Kurikulum yang digunakan untuk PS Keperawatan adalah kurikulum yang telah disepati oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan dikembangkan sesuai kebijakan Universitas Airlangga, kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), masa studi untuk tahap akademik 4 tahun dan masa studi untuk tahap profesi 1 tahun beban studi 146 sks untuk tahap akademik dan 36 sks untuk tahap profesi. Metode pembelajaan yang digunakan diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran. Gelar lulusan tahap akademik adalah Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan gelar lulusan tahap profesi adalah Ners (Ns).

Kegiatan capaian pembelajaran dilakukan di Kampus dan di wahana pembelajaran klinik  dan Komunitas. Rumah Sakit yang digunakan untuk memenuhi capaian pembelajaran antara lain RS Dr. Soetomo Surabaya, RS Universitas Airlangga Surabaya, RS Jiwa Menur Surabaya, RS Haji Surabaya. Wahana Pembelajaran Komunias yang digunakan antara lain UPTD Griya Werdha Jambangan Kota Surabaya dan Puskesmas diwilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Capaian peringkat  akreditasi Program Studi Sarjana Keperawatan mendapatkan peringkat A (Sangat Baik) berdasarkan Surat Keputusan Nomor 0240/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2015, Program Studi Pendidikan Profesi Ners juga mendapatkan peringkat A (Sangat Baik) berdasarkan Surat Keputusan Nomor 0241/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2015  dari LAM PT Kes, pada tahun 2017 telah tersertifikasi ASEAN University Network (AUN), dan tahun 2019  dalam proses mengajukan akreditasi Internasional ke lembaga Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Sciences and Mathematics (ASIIN).

 PROFIL

Program Sarjana Keperawatan adalah program pendidikan akademik dan profesi, yang terdiri dari 4 tahun pendidikan akademik dan 1 tahun pendidikan profesi.

 PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Sarjana Keperawatan meliputi care provider, komunikator, pendidik dan promotor kesehatan, manajer, serta pemimpin dan peneliti.

 VISI DAN MISI

A. Visi Program Studi

Menjadi program keperawatan yang mandiri, inovatif, terdepan, pelopor dalam pengembangan ilmu dan praktik keperawatan di tingkat nasional dan internasional berdasarkan nilai-nilai kebangsaan, etika, dan moral agama.

B. Misi Program Studi

Program Sarjana Keperawatan mengemban misi melaksanakan tridharma perguruan tinggi dalam lingkup nasional dan internasional berdasarkan nilai-nilai agama, etika dan moral, dengan:

1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2. Menyelenggarakan penelitian dasar yang inovatif, klinik dan komunitas untuk mendukung pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu dan praktik kepekeperawata

 TUJUAN PROGRAM STUDI

Program Sarjana Keperawatan didirikan untuk:

1. Menghasilkan lulusan yang mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan diri menjadi perawat profesional.

2. Menghasilkan penelitian inovatif yang mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik keperawatan di lingkup nasional dan internasional.

3. Menghasilkan pengabdian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat berdasarkan ilmu pengetahuan dan penelitian keperawatan.

 AKREDITASI

Nasional : A

Internasional : AUN. ASIIN

 KURIKULUM

Kurikulum dirancang berdasarkan kesesuaian dengan hasil belajar (LO) yang diharapkan oleh setiap program studi. Program studi LO juga mengacu pada target pencapaian pembelajaran sesuai jenjang pendidikan dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Struktur kurikulum dan komposisi mata kuliah telah disusun sesuai dengan visi dan misi Unair dan kebutuhan stakeholder. Metode pembelajaran di setiap mata kuliah menggunakan pendekatan student center learning. Hal ini mendorong siswa untuk secara mandiri mengelola kemajuan belajarnya. Proses redesain kurikulum mengacu pada Peraturan Rektor Nomor 27 Tahun 2018 tentang Pedoman Pendidikan dan PP-UNAIR-PBM-06 tentang Pedoman Tata Cara Pengendalian Kurikulum. Proses penyusunan dan redesain kurikulum melibatkan pimpinan fakultas, dewan penasihat fakultas (BPF), Koordinator Program Studi, Tim Pengembangan Kurikulum, tim kurikulum universitas, Direktorat Pendidikan Perguruan Tinggi, Badan Penjaminan Mutu (BPM), dan Pusat Inovasi Pembelajaran dan Sertifikasi (PIPS) Unair

 ACADEMIC COURSE

No Subject Credit
 1 Religious Study 2
 2 Philosophy 2
 3 Nationalism 2
 4 Bahasa Indonesia 2
Nursing Concept I 3
Basic Nursing Science I 4
Nursing Philosophy anda Theory 3
Medical Surgical Nursing I 5
Patient’s Safety and Work Safety in Nursing 3
10  Psychosocial and culture in Nursing 2
11  Health Education and Promotion 2
12  English language 4
13  Information System in Nursing 2
14  Enterpreneurship 2
15  Nursing in Tropical Infection 2
16  HIV-AIDS Nursing 2
17  Pediatric Nursing II 2
18  Maternity Nursing III 3
19  Psyciatruc Nursing II 3
20  Community Health Nursing II 2
21  Oncology Nursing 2
22  Clinical Placement 4
23  Disaster management Nursing 2
24  Emergency Nursing 4
25  Biostatistic 2
26  Complementary Alternative Care 2
27  Thesis Proposal 2
28  Clinical Placement 4
29  Religious Study 2
30  Community Service Program learning with Society (KKN-BBM) 3
31  Pancasila 2
32  Nursing Concept II 3
33  Basic Science Nursing II 4
34  Communication in Nursing 3
35  Basic Nursing Care I 4
36  Basic Nursing Care II 3
37  Medical Surgical Nursing II 5
38  Maternity Nursing I 2
39  Pediatric Nursing I 3
40  Psyciatric Nursing I 3
41  Community Health Nursing I 3
42  Clinical Placement 4
43  Gerontology Nursing 4
44  Family Health Nursing 3
45  Critical Care Nursing 3
46  End od Life and Pakiatif Nursing 2
47  Research Methodology 4
48  Clinical Placement 4
49  Thesis 4
50  Nursing Management 4
  TOTAL CREDITS 146

The academic stage curriculum structure for the regular program

Semester I        : 18 sks

Semester II       : 19 sks

Semester III      : 20 sks

Semester IV      : 20 sks

Semester V       ; 20 sks

Semester VI      : 20 sks

Semester VII     : 21 sks

Semester VIII    : 8 sks

The academic stage of the type transfer program curriculum structure

Semester I        : 22 sks

Semester II       : 23 sks

Semester III      : 18 sks

  • COURSE CREDIT
  • Regular program: 146 sks
  • Transfer program  : 63 sks
  • Lama studi

4 years (Bachelor Program)

1 years (Professional Program)

  • Peminatan

(-)

 INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU

a. Persyaratan

Dinyatakan lulus SMA/MA, lulus ujian masuk dan tes kesehatan sesuai standar yang ditetapkan oleh PPMB UNAIR (lebih jelasnya dapat diakses di http://ppmb.unair.ac.id/id/)

SNMPTN (20%)

Jenis Penilaian

• Raport semester 1-5 untuk SMA/MA

• Raport semester 1-5 untuk SMK/MAK

• Portofolio akademik

SBMPTN (30%)

Jenis Penilaian:

Ujian tulis dan/atau keterampilan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia

Mandiri (50%)

Jenis Penilaian:

• Nilai diambil dari SBMPTN, tidak perlu mendaftar lagi di UNAIR

• Tes Potensi Akademik (tes kemampuan verbal, numerik dan penalaran)

• Tes Prestasi Akademik (tes kemampuan sesuai program yang dipilih)

b. Persyaratan Khusus

• Tidak Buta Warna Sebagian atau Total

• Tidak menerima lulusan SMK selain jurusan kesehatan

c. Kapasitas

230

Panduan-Panduan Program Sarjana Keperawatan:

  1. Academic Study Guide Bachelor of Nursing, Download
  2. Advisory Book Bachelor Nursing Programme, Download
  3. Course Guides Bachelor of Nursing Programme, Download
  4. Guideline of Proposal and Thesis Bachelor, Download
  5. Module Description Bachelor of Nursing Programme, Download
  6. Programme Specification Nursing Programme, Download
  7. Thesis Guidance Book Bachelor Nursing, Download

Program Studi S1 Keperawatan dan Profesi Ners, berdasarkan SK. LAM-PTKes No. 0241/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2015 mendapatkan Akreditasi A (SANGAT BAIK), Download SK Akreditasi.

Informasi pendaftaran mahasiswa baru, Klik.

Promotional Booklet, Download

Leaflet Sarjana Keperawatan page 1   Leaflet Sarjana Keperawatan page 2

 

 

Pin It
Hits 55117