INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

  • By
  • In Lihat
  • Posted 05 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, pastinya tak asing lagi dengan yang namanya daun kelor. Tumbuhan yang memiliki nama latin Moringa oleifera ini merupakan tanaman tropis yang sejak lama telah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Tanaman ini dapat dikenali dari bentuk daunnya yang berukuran kecil. Pohon kelor juga mudah tumbuh dan bisa hidup di tanah yang tidak terlalu subur.

Menurut laporan Medical News Today, daun kelor atau the drumstick tree mengandung senyawa yang bersifat antijamur, antivirus, antidepresan, serta antiinflamasi. Tumbuhan yang berasal dari India ini sudah banyak ditemui di Afrika, Amerika Selatan, hingga Asia, termasuk Indonesia. Daun kelor juga memiliki kandungan penting lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, serta rendah kalori. Semua senyawa tersebut sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh.

Untuk mengetahui sebenarnya apa saja manfaat dari daun kelor, berikut ini kami telah rangkum untuk Anda berbagai manfaat daun kelor untuk kesehatan:


Manfaat Daun Kelor

1. Mengontrol Tekanan Darah
Daun kelor ini memiliki banyak kandungan kalium dan antioksidan. Berkat kandungan tersebut, tanaman ini diketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah serta menjaganya tetap stabil sehingga dapat mencegah hipertensi.
2. Menurunkan Kadar Gula Darah
Sebuah penelitian menemukan bahwa daun kelor terlihat bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas kerja dari hormon insulin. Manfaat ini tentu baik untuk mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin.
3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Berdasarkan penelitian di laboratorium, ekstrak daun kelor diketahui bisa melindungi tubuh dari berbagai macam jenis kuman, seperti Salmonella typhi penyebab tifus, Escherichia coli penyebab diare, dan Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit. Daun kelor juga diketahui dapat melawan virus, terutama jenis Herpes Simplex Virus (HSV).
4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker
Ekstrak daun dan kulit batang pohon kelor terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, usus besar, dan pankreas. Manfaat daun kelor tersebut diduga berkat kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.
5. Mengatasi Peradangan
Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Namun, Anda dapat mengonsumsi daun kelor untuk meredakan peradangan yang dialami. Ekstrak daun kelor ini dipercaya mengandung zat yang dapat mengurangi peradangan.
6. Memelihara Kesehatan dan Fungsi Otak
Kandungan antioksidan di dalam daun kelor, bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Beberapa riset menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Daun kelor juga dipercaya baik dalam mendukung kinerja otak dan meningkatkan memori.
7. Baik untuk Jantung
Ekstrak daun kelor disebut berpotensi mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di dalam tubuh.
8. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam daun kelor membuatnya dipercaya dapat membantu mencegah anemia. Meskipun begitu, penelitian lebih jauh masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kelor ini.

Perhatikan Juga Efek Samping dari Daun Kelor

Meski manfaat daun kelor begitu beragam, namun tumbuhan ini juga mempunyai efek samping yang perlu diperhatikan. Para ahli mengkhawatirkan, mengonsumsi daun kelor secara berlebih dapat menyebabkan mual, diare, dan heartburn atau nyeri ulu hati.

Perlu diingat pula bahwa sejauh ini daun kelor belum terbukti aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Daun kelor juga sebaiknya tidak dikonsumsi apabila Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, karena dapat berisiko menimbulkan efek interaksi obat. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan daun kelor sebagai pengobatan penyakit tertentu.

Sumber :
Adrian, Kevin. 2020. Kandungan dan Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan. Alodokter. https://www.alodokter.com/kandungan-dan-manfaat-daun-kelor-bagi-kesehatan. (Diakses pada 05 April 2021).

Penulis : Sabita Ibtisamah
Editor : Dyah Ratika Maulani Wulandari

Pin It
Hits 36064