INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Peran Keluarga dalam Merawat Pasien dengan Harga Diri Rendah

  • By Rosita
  • In Ners News
  • Posted 07 December 2022

NERS NEWS - Edukasi yang dilakukan oleh Kelompok 3 Pendidikan Profesi Keperawatan Stase Jiwa di ruang tunggu Poli Rumah Sakit Jiwa Menur pada hari Senin (6/12/2022) menjelaskan mengenai “Peran Keluarga dalam Merawat Pasien dengan Harga Diri Rendah”.

Harga diri rendah di gambarkan sebagai perasaan negatif terhadap diri sendiri termasuk hilangnya rasa percaya diri dan harga diri. Harga diri rendah merupakan perasaan over negatif terhadap diri sendiri, hilangnya kepercayaan diri dan gagal mencapai tujuan yang di ekspresikan secara langsung maupun secara tidak langsung melalui tingkat kecemasan yang sedang sampai berat.

Kegagalan berulang pada pasien harga diri rendah, memerlukan peran keluarga. salah satunya adalah Family Psychoeducation Therapy secara bermakna dalam menurunkan beban keluarga dan meningkatkan kemampuan keluarga dalam merawat klien. Dukungan keluarga adalah suatu dukungan yang bermanfaat bagi individu yang diperoleh dari keluarganya dimana keluarga memperhatikan, menghargai dan mencintainya. Untuk itu dukungan keluarga sangat diperlukan dalam merawat anggota keluarga, karena dukungan keluarga merupakan suatu keadaan yang bermanfaat bagi individu yang diperoleh dari orang lain yang dapat dipercaya sehingga seseorang akan tahu bahwa ada orang lain yang memperhatikan, menghargai dan mencintainya.

Keluarga dan pasien yang penasaran serta kebingungan diberikan fasilitas untuk bertanya dan berbagi cerita juga berkonsultasi singkat. Besar harapan kami selaku Ners Muda, penyuluhan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dan dapat diaplikasikan untuk kehidupan sehari-hari.

 

Penulis: Adinda Nur Amila
Editor: Naili Raudiatus Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 1239