INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Penganugerahan Penghargaan Nakes Teladan Tingkat Nasional Tahun 2024

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 19 August 2024

NERS NEWS - Pada Bulan April sampai dengan Juli tahun 2024, Kementerian Kesehatan Melalui Ditjen Nakes melakukan seleksi Nakes Teladan baik ASN maupun Non ASN secara Nasional. Seleksi ini dilihat dari 4 kategori yakni Kategori:

  1. Pengabdian Tanpa Batas
  2. Pengabdian Daerah Tertinggal Perbatasan Kepulauan (DTPK)
  3. Kategori Inovasi
  4. Kategori Bencana dan Tanggap Darurat.
  5. Melewati beberapa tahapan seleksi diantaranya seleksi administrasi, portofolio dan rekam jejak, serta wawancara dan visitasi.

Saya memilih kategori Inovasi pada DTPK, dimana inovasinya merupakan penelitian saya saat mengikuti pendidikan S2 Keperawatan di FKP Unair tahun 2021 dengan judul "Aplikasi Triinmed Sebagai Reminder Medication Control Untuk Pengobatan Pasien Kusta" dan dinyatakan lolos seleksi dari 2000-an lebih Nakes yang mendaftar. Jumlah nakes teladan Nasional terpilih adalah 170 orang.

Saya sangat bersyukur dan bangga menjadi bagian dari Ksatria Airlangga terlebih khusus pada Fakultas Keperawatan, karena dari sinilah banyak ilmu pengetahuan dan keterampilan yang saya dapatkan sebagai bekal untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya di DTPK, tepatnya di Puskesmas Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya. Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Rektor Unair, Dekan, semua Wakil Dekan, semua Ketua Program Studi dan staf dosen Fakultas Keperawatan Unair atas kesempatan menuntut ilmu dan bimbingan serta motivasi bagi saya selama menempuh pendidikan.

Acara Penganugerahan Penghargaan Nakes Teladan Tingkat Nasional Tahun 2024 dilaksanakan di Swissotel PIK Aveneu Jakarta Utara mulai dari tanggal 12-17 Agustus 2024. Kami mendapatkan Piala dan Piagam Penghargaan serta pelayanan full service ala Sultan oleh Kemenkes RI karena transportasi, penginapan, makan-minum di Hotel Bintang 5, jalan-jalan dan semuanya gratis. Bahkan yang paling spesial, kami diberi kesempatan dan merasa terhormat diundang ramah tamah bersama Wakil Presiden RI serta mengikuti acara pidato Presiden RI di Gedung DPR-MPR RI dan reward lainnya seperti diprioritaskan untuk mendapatkan beasiswa pendidikan lanjutan, diangkat menjadi ASN bagi teman-teman Nakes Non ASN dan lain sebagainya.

Harapan saya, semoga melalui program Nakes Teladan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan bisa menjadi motivasi dan batu loncatan bagi teman-teman nakes lainnya untuk tetap semangat, bekerja keras memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia menuju Indonesia Emas 2045. Akhir kata "Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan dan tidak akan ada buah tanpa pohon yang ditanam, tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras".

 

Penulis : Ns. Dorsina Fransisca Dahoklory, S.Kep., M.Kep.
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 21