INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Wujudkan Desa Sehat: Mahasiswa FKp UNAIR Ajak Warga Desa Sambirejo Senam Pagi, Jalan Sehat, dan Cek Kesehatan

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 19 August 2024

NERS NEWS - Jombang, Sabtu (3/8/2024) Departemen Sosial Masyarakat BEM Fakultas Keperawatan UNAIR baru saja mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu MEREKAT atau Mengabdi Bersama Masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 14 hari di Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Kegiatan MEREKAT ini turut andil dalam mengamalkan Tri Dharma Perguruan tinggi khususnya di bidang pengabdian masyarakat dan mendukung target SDG’s pada poin ke -3 yaitu “Good Health and Well-Being”.

Pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024, panitia MEREKAT mengajak warga desa Sambirejo untuk melaksanakan senam pagi bersama di balai desa. Terlihat warga desa antusias mengikuti senam pagi dari awal hingga akhir dan panitia dapat membaur diantara warga desa. Setelah mengikuti senam pagi terdapat coffee break dan istirahat sebentar sebelum melanjutkan kegiatan yang lainnya.

Keesokan harinya, tepatnya pada hari Minggu, 4 Agustus 2024, MEREKAT mengadakan kegiatan jalan sehat dan cek kesehatan bagi warga. Jalan sehat ini berlangsung sangat ramai dan meriah. Kegiatan jalan sehat ini diawali dengan mengisi daftar hadir dan pemberian kupon undian, dilanjutkan dengan pembukaan jalan sehat oleh Bapak Sungkono selaku Kepala Desa Sambirejo dengan start Balai Desa Sambirejo. Peserta dari jalan sehat ini sangat banyak, mulai dari anak-anak, ibu-ibu, dan bapak-bapak dengan jumlah peserta lebih dari 200 orang. Seluruh panitia juga turut serta mengikuti jalan sehat bersama warga.

Setelah berjalan melewati rute yang telah ditentukan oleh panitia, dengan finish Balai Desa Sambirejo, warga yang mengikuti jalan sehat ini beristirahat sebentar sembari menunggu kedatangan peserta jalan sehat yang lain. Acara selanjutnya yaitu adalah pembagian doorprize. Pembagian doorprize ini dipandu oleh dua panitia yang membacakan kupon undian yang telah dikumpulkan di pos ketika jalan sehat. Senyum manis terlihat ketika warga mendengar angka pada kuponnya disebutkan, kemudian warga dipersilakan maju untuk mengambil doorprize-nya. Seluruh doorprize yang disediakan oleh panitia dibagikan kepada pemenang dari kupon undian.

Setelah pembagian doorprize selesai, dilanjutkan dengan acara cek kesehatan gratis bagi bapak dan ibu, sesuai target sasaran kita yaitu orang dewasa. Cek kesehatan gratis ini dimulai dengan pengisian daftar hadir, lalu peserta diberi nomor urut panggilan. Peserta cek kesehatan dipanggil sesuai nomor urut dan menuju ke pos 1 yaitu pos pengukuran tinggi badan dan berat badan, dilanjutkan ke pos 2 yaitu pengukuran tekanan darah atau tensi. Setelah dari pos 2, peserta diarahkan ke pos 3 yaitu cek gula darah, asam urat, dan kolesterol lalu dilanjutkan ke pos 4 yaitu pos edukasi. Pada pos edukasi ini peserta diberikan penyuluhan terkait hasil cek kesehatan dan edukasi pola hidup sehat.

Harapan dari ketua pelaksana MEREKAT 2024 adalah dengan adanya kegiatan senam pagi dan jalan sehat ini, kesehatan warga Desa Sambirejo tetap terjaga, dan adanya kegiatan cek kesehatan ini semoga bisa membantu warga untuk mengetahui dan mengontrol kesehatannya secara rutin.

 

Penulis: Alfina Nurul `Izzah
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 20