INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pendidikan Kesehatan “Kebersihan Kuku : Potong Kuku”

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 02 November 2022

NERS NEWS - Pada 25 Oktober 2022 pukul 13:00 WIB, mahasiswa profesi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga memberikan penyuluhan bertajuk “Pendidikan Kesehatan Kebersihan Kuku : Potong Kuku” guna menambah pengetahuan pasien tentang bagaimana caranya pasien menjaga kebersihan kukunya. Penyuluhan ini dihadiri oleh pasien yang berada di Ruang Kenari 1 Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya, mahasiwa profesi keperawatan kelompok 1 Ruang Kenari stase Keperawatan Jiwa, serta pembimbing klinik kelompok yaitu Yeni Nurhayati, S.Kep., Ns.

Personal hygiene adalah suatu usaha pemeliharaan kesehatan diri seseorang yang bertujuan mencegah terjangkitnya penyakit serta memperbaiki status kesehatannya. Salah satu indikator dari personal hygiene adalah perawatan kaki, tangan, dan kuku (Jamilatun et al., 2020). Kebersihan tangan yang kurang tentunya berpengaruh dan dapat memberikan kontribusi dalam terjadinya penyakit. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah rutin membersihkan kuku yang dilakukan dengan kegiatan memotong kuku (Jamilatun et al., 2020).

Adapun cara merawat kebersihan kuku menurut (Jamilatun et al., 2020), yaitu yang pertama potong kuku secara teratur, tidak terlalu dalam dan tidak melebihi batas ujung kuku dan bagian kulit yang menyangga ujung kuku. Kedua jangan mencongkel sisi kuku yang berbatasan dengan kulit, karena dapat menyebabkan infeksi. Ketiga bersihkan kuku setiap mandi dengan sabun dan gosok sela-sela jari hingga bersih. Keempat pilih gunting kuku sesuai kebutuhan. Kelima potong kuku dengan arah lurus. Dan yang terakhir setelah selesai memotong kuku, kikir ujung kuku agar tidak tajam dan bersihkan gunting kuku.

Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan pasien dapat mengetahui bahwa manfaat dari menjaga kebersihan kuku salah satunya yaitu kukunya menjadi bersih dan terlihat lebih rapi, enak dipandang, menandakan sesroang bersih dan tidak mudah sakit. Respon pasien mengenai penyuluhan yang diberikan sangat baik. Pasien antusias mengikuti kegiatan penyuluhan. Terlihat beberapa pasien aktif dalam bertanya mengenai dampak tidak memebersihkan kuku. Selain itu, mahasiswa juga memberikan demonstrasi terkait teknik potong kuku yang baik dan benar.

Sumber :
Jamilatun, M., Aminah, & Shufiyani. (2020). Pemeriksaan Kuku dan Penyuluhan Memotong Kuku yang Benar pada Anak-Anak di Panti Asuhan Assomadiyyah. Jurnal Abdidas, 1(3), 88–94.

 

Pin It
Hits 3616

Berita Terbaru