INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Edukasi Diet Sehat pada Pasien Batu Ginjal untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 05 September 2024

NERS NEWS - Mahasiswa Kelompok 13 Program Profesi Pendidikan Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah melakukan penyuluhan pada hari Jumat, 30 Agustus 2024 dengan topik “Diet Untuk Penderita Batu Ginjal” terhadap pasien mengenai makanan yang dianjurkan untuk pasien gagal ginjal di Poli Urologi RSUA Surabaya. Tujuan dari penyuluhan ini agar pasien dan keluarga pasien mampu mengetahui, memahami, dan melakukan diet terhadap penyakit batu ginjal.

Batu ginjal merupakan suatu kondisi ketika terjadi endapan material keras berupa kalsium atau asam urat di dalam ginjal. Penderita batu ginjal penting untuk mengatur pola makan yang sehat. Diet bukanlah semata-mata diet rendah lemak ataupun diet rendah karbohidrat, namun bagian terpenting adalah pembagian proporsi yang seimbang antara berbagai kandungan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi dengan kebutuhan tubuh. Makanan yang dianjurkan bagi pasien batu ginjal, yaitu konsumsi vitamin D. Vitamin D membantu penyerapan kalsium sehingga mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Selain itu, konsumsi air putih yang disarankan adalah 8–12 gelas per hari terutama saat sedang beraktivitas berat atau banyak mengeluarkan keringat. Jika banyak mengeluarkan keringat namun tidak banyak minum, urine akan tidak akan keluar dalam jumlah cukup. Hal ini bisa meningkatkan penumpukan material pembentuk batu ginjal di dalam urine.

Setiap pasien batu ginjal memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, tergantung pada tingkat kondisi kesehatan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi pasien untuk berkonsultasi dengan ahli gizi yang berpengalaman dalam menangani pasien batu ginjal.

 

Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 36

Berita Terbaru