INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pencegahan Osteoarthritis di Poli Penyakit Dalam GRHA Trimed Surabaya

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 19 August 2024

NERS NEWS – Bermacam-macam aktivitas telah dilakukan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Aktivitas tersebut melibatkan anggota gerak tubuh seperti tangan dan kaki. Mulai dari mengangkat barang, memindahkan barang dan sebagainya. Setiap aktivitas yang kita lakukan sering melibatkan sendi, yang berfungsi sebagai penyambung dari tulang satu ke tulang lainnya. Namun, orang dewasa terlalu fokus terhadap aktivitasnya sehingga lupa dengan kesehatan tulangnya, terutama sendi. Sendi tubuh selalu mendapat gesekan dari antar-tulang yang tersambung olehnya. Apabila terlalu mengabaikan kesehatan sendi, maka aktivitas orang dewasa akan terganggu dan dapat menyebabkan kesulitan beraktivitas. Peran keluarga dan tenaga kesehatan dalam mengantisipasi kesehatan tulang orang dewasa perlu diupayakan sedini mungkin.

Upaya mengatasi masalah tersebut, Kelompok 1 Program Profesi Pendidikan Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melakukan penyuluhan “Bahayakah Osteoarthritis (Radang Sendi) ? Ayo Rawat Sendimu Mulai Sekarang” terhadap pasien mengenai pencegahan dan mengurangi rasa sakit dari penyakit osteoarthritis di poli penyakit dalam GRHA Trimed Surabaya. Tujuan dari penyuluhan ini yaitu orang dewasa (terutama lansia berumur >50 tahun) mampu mengetahui, memahami dan melakukan pencegahan terhadap penyakit radang sendi sehingga orang dewasa masih bisa beraktivitas meskipun di usia yang sudah semakin bertambah.

Acara penyuluhan dilakukan pada hari Jumat, 16 Agustus 2024 pukul 09.00 WIB di poli penyakit dalam GRHA Trimed Surabaya yang dihadiri oleh 18 orang. Kegiatan ini dilakukan oleh Mahasiswa Praktik Profesi Pendidikan Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang dihadiri oleh Ners Aprilia. Acara penyuluhan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama. Dalam rangkaian acara terdapat penjelasan langsung cara pencegahan osteoarthritis dengan benar, serta pembagian leaflet sebagai sarana pasien untuk mengetahui terkait cara pencegahan osteoarthritis. Banyak pasien yang bertanya mengenai cara pencegahannya, seperti nutrisi yang tepat, cara pengurangan rasa nyeri pada osteoarthritis dan sebagainya.

 

Penulis : Alfiansyah Noor Muhammad, A2020
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 38