INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Wujudkan Aksi Sehat : Mahasiswa FKp Unair Gelar Promosi Kesehatan di Desa Sambirejo

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 19 August 2024

NERS NEWS – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, Departemen Sosial Masyarakat, telah sukses menyelenggarakan program kerja pengabdian masyarakat “MEREKAT (Mengabdi Bersama Masyarakat) 2024” pada tanggal 28 Juli - 10 Agustus 2024 di Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Kegiatan Mengabdi Bersama Masyarakat (MEREKAT) ini diselenggarakan untuk mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama dengan memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan. Salah satu dari program pengabdian ini adalah promosi kesehatan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang kesehatan dari berbagai kelompok usia, mulai dari anak-anak usia sekolah dasar, remaja, hingga orang dewasa.

Promosi kesehatan pertama yang dilakukan dan menyasar pada anak usia sekolah dasar yaitu promosi kesehatan tentang Tanggap Bencana (tanah longsor) untuk siswa kelas 1 dan 2 pada tanggal 30 Juli 2024, kegiatan ini digagas oleh mahasiswa sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan siswa sekolah dasar terhadap bencana alam. Promkes tentang Tanggap Bencana (tanah longsor), ini pun dilanjutkan untuk siswa kelas 5 dan 6 pada tanggal 8 Agustus 2024 dengan edukasi yang serupa. Promosi kesehatan kedua, tentang Kesehatan Gigi dan Mulut, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesadaran anak-anak tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini dengan menyikat gigi secara teratur dan menghindari kebiasaan makan makanan manis secara berlebihan. Kegiatan promkes ini dilakukan untuk siswa kelas 3 dan 4 pada tanggal 31 Juli 2024 dan pada siswa kelas 1 dan 2 pada tanggal 6 Agustus 2024. Selain itu adapun promosi kesehatan ketiga yaitu tentang Kesehatan Reproduksi yang dilakukan untuk siswa kelas 5 dan 6 pada 1 Agustus 2024 dan untuk siswa kelas 3 dan 4 pada 7 Agustus 2024. Dalam edukasi tersebut, siswa dijelaskan tentang pubertas dan diajarkan menjaga privasi diri dan menghormati privasi orang lain.

Selain ditujukan kepada anak usia sekolah dasar, promosi kesehatan yang diadakan juga ditujukan kepada para remaja desa sambirejo yang diadakan pada 30 Juli 2024 tentang Anemia, dimana para remaja di edukasi untuk menjaga kadar Hb dan pencegahannya. Kemudian promosi kesehatan dilanjutkan dengan sasaran kepada dorang dewasa tentang PTM (Penyakit Tidak Menular) pada tanggal 3 Agustus 2024 yang berlangsung di Balai Desa Sambirejo. Mahasiswa Keperawatan, Erisma Cahya Berlian, Wakil Ketua BEM Fkp Unair 2024 sebagai pemateri, memberikan materi yang komprehensif tentang berbagai jenis penyakit tidak menular seperti asam urat, diabetes melitus, dan kolesterol. Promosi kesehatan juga dilanjutkan pada sasaran ibu-ibu tentang Pencegahan Stunting dan Mpasi pada tanggal 5 Agustus 2024.

Dengan diadakannya kegiatan promosi kesehatan dan juga pelatihan, diharapkan masyarakat di desa Sambirejo dapat lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan dengan gaya hidup sehat dengan melakukan tindakan preventif.

 

Penulis : Andini Irdiana Putri
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 40