INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan saat Mudik

  • By
  • In Lihat
  • Posted 05 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Mengalami mabuk perjalanan memang sangat tidak menyenangkan. Selain membuat diri Anda merasa tersiksa, perjalanan yang Anda lakukan tentu menjadi tidak menyenangkan. Mabuk perjalanan adalah suatu kondisi tidak nyaman yang dialami seseorang ketika bepergian dengan kendaraan, seperti mobil, bus, kereta api, kapal laut atau pesawat terbang. Mabuk perjalanan lebih sering dialami oleh anak-anak berusia 5-12 tahun, wanita hamil dan orang lanjut usia.

Gejala Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan bukan merupakan kondisi yang berbahaya, tetapi hal tersebut dapat menyebabkan rasa mual hingga muntah. Selain itu, mabuk perjalanan dapat membuat penderitanya mengalami pusing, wajah pucat, tidak nyaman pada bagian perut, lemas, mengeluarkan keringat dingin serta kehilangan keseimbangan. Namun, ada cara yang bisa kamu lakukan kok untuk mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan. Ini dia selengkapnya!

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

1.Hindari Makanan yang Terlalu Membuat Kenyang
Hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai perjalanan adalah kondisi perut. Mengisi perut sebelum perjalanan memang perlu dilakukan. Namun, jangan sampai berlebihan. Sebab, guncangan dari kendaraan biasanya bisa dapat membuat Anda merasa mual dan pusing. Sehingga mabuk perjalanan dapat terjadi.
2.Pejamkan Mata dan Istirahat Sejenak
Tips mengatasi mabuk perjalanan ketika Anda sudah merasakan mual dan pusing, maka memejamkan mata dan istirahat sejenak menjadi cara terbaik untuk mengatasinya. Selain itu, pastikan posisi kepala berada di posisi stabil agar tidak membuat Anda semakin pusing ya.
3.Membawa Aroma terapi atau Minyak Angin
Cara mencegah mabuk perjalanan satu ini cocok untuk Anda yang tidak terbiasa dengan AC di mobil atau dengan aroma parfum mobil yang tidak cocok dengan Anda. Dengan menghirup aroma terapi dapat membuat Anda merasa lebih rileks. Fungsi minyak angin juga bisa menjadi obat ampuh untuk mengurangi rasa mual dan pusing saat di perjalanan.
4.Makan Makanan Ringan dan Permen
Makan makanan ringan juga bisa membantu Anda untuk mengisi kembali perut yang kosong serta tidak memicu mual atau muntah kembali. Selain itu, mengonsumsi permen selama perjalanan tentu dapat membantu Anda mengurangi rasa mual. Hal ini dikarenakan permen dapat menekan produksi asam lambung dan rasa mual yang diakibatkan oleh mabuk perjalanan.
5.Hindari Bermain Gadget Terlalu Lama
Kita sering kali merasa bahwa bermain gadget selama perjalanan dapat membuat waktu terasa lebih singkat. Padahal, dengan bermain gadget terlalu lama selama perjalanan bisa membuat Anda merasa pusing dan mual lho. Untuk itu, gunakan gadget seperlunya saja, dan cari cara lain untuk mengisi waktu perjalanan panjang Anda agar terasa lebih singkat.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mencegah mabuk perjalanan saat bepergian ataupun saat mudik lebaran ke kampung halaman. Anda bisa lakukan hal-hal di atas ya, Agar perjalanan Anda tetap menyenangkan.

Sumber : Blog.tiket.com. 2021. https://www.google.com/amp/s/blog.tiket.com/cara-mengatasi-mabuk-perjalanan/amp/. (Diakses pada 5 Mei 2021).

Penulis : Sabita Ibtisamah
Editor : Titis Nurmalita

Pin It
Hits 1288