INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Sebarkan Kepedulian Kesehatan Sistem Perkemihan Melalui GEMPITA (Gerakan Sehat dan Positif untuk Ibu Tetap Aktif) oleh Mahasiswa Kelompok 3 PjBL Terintegrasi A2 2022 di Puskesmas Klampis Ngasem

  • By Anindya Putri Ravina
  • In Ners News
  • Posted 28 June 2024

NERS NEWS - Kamis, (27/06/2024) kelompok 3 PjBL terintegrasi kelompok 3 kelas A2 angkatan 2022 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah sukses menyelenggarakan giat penyuluhan yang bertemakan kesehatan sistem perkemihan dengan judul GEMPITA (Gerakan Sehat dan Positif untuk Ibu Tetap Aktif). Kegiatan telah dilakukan pada wanita dengan sasaran rentang umur 20 hingga 40 tahun di Puskesmas Klampis Ngasem, Surabaya.

Kurangnya pengetahuan terkait pola hidup yang sehat dan cara menjaga kebersihan area genitalia menyebabkan masih tingginya angka kejadian masalah kesehatan pada sistem perkemihan. Hal tersebut menjadikan kegiatan penyuluhan ini merupakan salah satu alternatif dalam mengatasi dan menekan masalah kesehatan khususnya pada sistem perkemihan yang terjadi pada daerah sasaran penyuluhan. GEMPITA juga dilakukan sebagai salah satu bentuk capaian PjBL (Project Based Learning) Mata Kuliah Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Klien Dewasa: Sistem Endokrin, Pencernaan, Perkemihan dan Imunologi, dan Keperawatan Kesehatan Jiwa.

Kegiatan GEMPITA dihadiri oleh dosen pembimbing kegiatan yaitu Ibu Iqlima Dwi Kurnia, S.Kep.Ns., M.Kep serta pihak Puskesmas Klampis Ngasem yaitu Ibu Anik dan Ibu Mus’adah, S.Kep., Ns., M.Kes. Kegiatan diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Ibu Anik. Dalam sambutannya, Ibu Anik menyampaikan terima kasih atas kunjungan mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang akan memberikan edukasi penyuluhan dan diharapkannya dapat bermanfaat bagi sasaran yang telah hadir.

Kegiatan utama pada PjBL (Project Based Learning) adalah penyampaian materi yang diberikan oleh tim panitia penyaji. Materi yang disampaikan adalah konsep penyakit ISK (Infeksi Saluran Kemih) secara general mencakup definisi, penyebab, pencegahan, mitos dan fakta serta langkah preventif yaitu dengan melakukan genitalia hygiene dan senam kegel. Selain memberikan materi, panitia penyaji juga memberikan kesempatan peserta sasaran untuk bertanya. Saat dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi didapatkan adanya beberapa peserta yang cukup antusias untuk menjawab pertanyaan dari panitia penyaji. Selain itu, didapatkan juga peserta sasaran yang menceritakan pengalamannya terkait dengan konsep penyakit yang telah disampaikan oleh tim panitia penyaji. Sesi diskusi dan tanya jawab ditutup dengan memberikan souvenir oleh panitia penyaji sebagai reward bagi peserta yang telah aktif.

Penghujung acara GEMPITA ditutup dengan ucapan terimakasih oleh pihak Puskesmas Klampis Ngasem dan dosen pendamping yaitu Ibu Iqlima. Beliau mengucapkan banyak terimakasih kepada pada peserta sasaran yang telah berkenan untuk memperhatikan. Ucapan terima kasih juga tertuju kepada pihak Puskesmas Klampis Ngasem yang telah memberikan kesempatan mahasiswa Kelompok 3 PjBL terintegrasi A2 2022 untuk melakukan penyuluhan. Setelah itu, dokumentasi foto bersama dilakukan sebagai akhir dari acara yang diikuti oleh panitia, dosen pembimbing, dan pihak Puskesmas Klampis Ngasem.

 

Penulis: Sasikirana Ariesta Dewani
Editor : Anindya Putri Ravina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 48

Berita Terbaru