INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mahasiswa Fakultas Keperawatan Mengusung “TERATAI: Teknik Efektif Relaksasi dan Atasi Stres” sebagai PjBL (Project Based Learning) di Puskesmas Klampis Ngasem

  • By Nasya Puspita Anggraeni
  • In Ners News
  • Posted 01 July 2024

NERS NEWS - Kelompok 2 Kelas A2 Semester 4 Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga melaksanakan PjBL (Project Based Learning) di Puskesmas Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo, Surabaya pada tanggal Rabu, 26 Juni 2024. Dalam PjBL tersebut Kelompok 2 memberikan penyuluhan dengan tema “TERATAI: Teknik Efektif Relaksasi dan Atasi Stres”

Kegiatan PjBL yang dilaksanakan oleh 18 anggota ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak negatif dari stres yang tidak terkelola dengan baik, memberikan informasi tentang hubungan antara stres kronis dan berbagai penyakit kronis, khususnya diabetes mellitus, dan mengajarkan teknik-teknik praktis untuk mengelola stres dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana dan ketua divisi promkes di Puskesmas Klampis. Kemudian kelompok memberikan materi yang membahas tentang pentingnya manajemen stres, dilanjutkan dengan pemberian materi tentang definisi dan dampak stres, serta strategi manajemen stres yang efektif seperti latihan relaksasi, meditasi, olahraga, dan teknik kognitif. Pembagian poster dan leaflet digunakan sebagai media untuk memberikan informasi visual dan praktis tentang hubungan antara stres dan DM, serta teknik-teknik manajemen stres. Selanjutnya, diadakan sesi tanya jawab terkait materi yang telah disampaikan. Para peserta yang aktif selama kegiatan diberikan reward sebagai apresiasi.

Setelah dilaksanakan PjBL ini diharapkan peserta dapat mengelola dan mengetahui tentang stres kronis dan risiko pengembangan berbagai penyakit kronis, terutama diabetes mellitus. Peserta juga diharapkan dapat mengatasi stres yang dialami dan mengetahui contoh komplikasi manajemen stres yang tidak baik dapat menyebabkan komplikasi penyakit.

 

Penulis : Yulisa Putri Nabila

Editor : Nasya Puspita Anggraeni (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 96

Berita Terbaru