INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Kegiatan Project Based Learning : Peduli Tubuh dengan CERDAS dalam Deteksi Diabetes Mellitus di Balai RW 01 Kelurahan Gebang Putih, Surabaya

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 03 July 2024

NERS NEWS - Kelompok 1 Kelas A2 Angkatan 2022 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah melaksanakan kegiatan PjBL (Project Based Learning) di Jalan Gebang Putih, RW 01, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, pada hari Kamis, 27 Juni 2024. Project tersebut mengusung tema “CERDAS (Cermat dan Tanggap Sejak Dini) dalam Deteksi Diabetes Melitus” yang dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan edukasi terkait diabetes melitus.

Kegiatan PjBL Kelompok 1 Kelas A2 dilaksanakan oleh 17 panitia yang bertugas dan dihadiri oleh 19 warga Gebang Putih. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya di daerah Gebang RW 01 dalam meningkatkan manajemen, risiko, serta pencegahan terkait diabetes melitus. Kami juga bekerja sama dengan pihak puskesmas dan Kader Surabaya Hebat untuk mengadakan sesi cek gula darah, mengingat peserta kami berasal dari Komunitas Prolanis. Sesi ini difasilitasi dengan baik oleh tim kesehatan dari puskesmas dan kader setempat, untuk memastikan setiap peserta mendapatkan layanan yang optimal.

Rangkaian awalan kegiatan ini dimulai dengan pendaftaran peserta dan distribusi leaflet. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi pembukaan yang dipimpin oleh MC acara dan perwakilan dari kader (KSH). Kegiatan dibuka dengan sambutan dari pihak Kader KSH dan sambutan dari Dosen Fasilitator yakni Ibu Aria Aulia Nastiti, S.Kep., Ns., M.Kep. Dalam sambutannya Ibu Aria mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir, pihak puskesmas dan Kader Surabaya Hebat yang telah membantu menyediakan fasilitas dan tempat untuk terlaksananya kegiatan ini. Ibu Aria mengutarakan bahwa dengan adanya rangkaian kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat memahami dan meningkatkan pola hidup sehat untuk mencegah diabetes mellitus.

Setelah sesi sambutan, acara dilanjutkan dengan pemberian plakat atau sertifikat kepada pihak Puskesmas Klampis Ngasem sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama yang telah terjalin dan dilanjutkan sesi dokumentasi dengan semua peserta. Selanjutnya, seluruh peserta mengikuti sesi senam bersama yang dipimpin oleh instruktur senam dan pihak Puskesmas Klampis Ngasem. Kegiatan senam ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran fisik dan membangun semangat kebersamaan. Usai senam, peserta diberi waktu istirahat sejenak sebelum memasuki sesi utama, yaitu penyuluhan dan edukasi tentang diabetes mellitus.

Pada sesi penyampaian materi penyuluhan dan edukasi diabetes mellitus, pemateri berasal dari Kelompok 1 Kelas A2 Angkatan 2022 Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Materi yang disajikan yakni mengenai pengertian diabetes mellitus, faktor risiko, gejala, komplikasi diabetes mellitus, serta langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Peserta juga diajak untuk berinteraksi melalui sesi tanya jawab guna memperdalam pemahaman mereka tentang materi yang disampaikan. Setelah penyuluhan, diadakan sesi cek kesehatan seperti cek tekanan darah dan cek gula darah. Kegiataan cek kesehatan ini difasilitasi oleh pihak puskesmas dan Kader Surabaya Hebat, dibantu oleh panitia yang bertugas. Kegiatan cek kesehatan ini memungkinkan peserta untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka secara langsung. Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian konsumsi dan suvenir kepada peserta yang hadir sebagai tanda terima kasih atas partisipasi aktif mereka.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan edukasi dan pemahaman yang lebih mendalam tentang diabetes mellitus kepada masyarakat, tetapi juga mendorong mereka untuk menjalani pola hidup sehat demi mencegah penyakit tersebut. Kerjasama yang baik antara pihak panitia, puskesmas, dan Kader Surabaya Hebat memainkan peran penting dalam kesuksesan acara ini. Partisipasi aktif dan antusiasme tinggi dari peserta menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan berdampak positif bagi masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang diabetes mellitus akan terus meningkat, sehingga mereka dapat menerapkan langkah-langkah pencegahan dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan ini.

 

Penulis : Elsa Kurnia Ramadhani dan Fianita Fitri Sa’idah
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 66

Berita Terbaru