INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

MUHASABAH KETAKWAAN DAN ISTIGHOSAH BERSAMA SPIRITUAL MOTIVATION TRAINING II (SMT II) DALAM RANGKA PERSIAPAN UJIAN TENGAH SEMESTER

  • By Anindya Putri Ravina
  • In Ners News
  • Posted 02 October 2024

NERS NEWS – Ketakwaan merupakan pondasi yang harus dijaga dalam setiap aspek kehidupan beragama. Ketakwaan yang kuat akan mengantarkan pada kehidupan yang tentram dan penuh hikmah. Hakikat ketakwaan berfokus pada ketaatan dalam menjalankan segala perintah Allah swt. dan menjauhi larangan-Nya. Muhasabah tentang ketakwaan dan kaitannya dengan persiapan ujian tengah semester dapat dilakukan dalam rangka melibatkan aspek spiritual pada kewajiban sebagai mahasiswa. Melibatkan Allah dalam persiapan ujian dengan berusaha dengan maksimal dalam belajar, berdo’a untuk segala kemudahan, serta bertawakal atas usaha yang telah dilakukan dapat mengantarkan menuju hasil yang baik.

Acara Spiritual Motivation Training (SMT) merupakan salah satu program kerja dari Departemen Syiar Sie Kerohanian Islam Ners (SKINers) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang diadakan dua kali selama satu tahun, dimana Spiritual Motivation Training (SMT) batch I sudah diadakan beberapa hari menjelang Ujian Akhir Semester (UAS) pada semester genap lalu. Adanya program kerja berupa Spiritual Motivation Training (SMT) dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mencapai salah satu ikhtiar atau usaha yang dapat dilakukan dalam menempuh ujian semester, yakni istighosah bersama serta muhasabah diri di samping kewajiban utama mahasiswa dalam ujian semester seperti belajar. Pada Spiritual Motivation Training (SMT) kali ini yang bertema “Mencapai Tingkat Ketaqwaan Tertinggi”, Ustadz Afri Andiarto, S.M., M.M. yang pernah menjadi kepala seksi layanan kokurikuler di Direktorat Kemahasiswaan Universitas Airlangga bersedia menjadi pemateri.

Acara Spiritual Motivation Training (SMT) bersama Ustadz Afri Andiarto, S.M., M.M. yang dilaksanakan di Ruang Medelaine II Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga pada hari Senin, 23 September 2024 sukses diikuti oleh beberapa peserta yang mayoritasnya adalah bagian dari Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Adanya istighosah atau do’a bersama melalui acara Spiritual Motivation Training (SMT) sebagai kajian spiritual untuk mempersiapkan Ujian Tengah Semester (UTS) yang akan dilaksanakan mulai hari Senin, 30 September 2024 dapat serta merta menjadi sarana dalam memantapkan hati untuk menempuh ujian, menumbuhkan rasa persaudaraan dan kebersamaan, memperkuat ukhuwah islamiyah, serta menambah keyakinan untuk mampu mengerjakan ujian dengan senantiasa mengharapkan ridho Allah swt.

“Dalam meraih tingkat ketakwaan yang tertinggi, hal yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan segala sesuatu dengan ikhlas karena Allah, menjaga ketakwaan, ,memperhatikan adab dalam menuntut ilmu, menjaga adab terhadap ilmu, guru dan kawan, menempuh dengan kesabaran, rajin dalam menelaah setiap pelajaran, dan mengiringi dengan doa”, Ucap Ustadz Afri saat memberikan materi dalam Acara Spiritual Motivation Training (SMT) senin lalu. Hakikatnya, takwa dan menuntut ilmu merupakan hal yang saling berkaitan dimana saat manusia sudah memantapkan niat untuk terus bertakwa kepada Allah, maka pengajaran yang baik akan selalu menyertai dalam tahapan memperoleh ilmu.

 

Penulis : Isna Zaidatul Husna
Editor : Anindya Putri Ravina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 40

Berita Terbaru