INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Dalam Mencegah CKD, Mahasiswa Profesi Fakultas Keperawatan Memberikan Penyuluhan tentang “CERDIK”

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 05 October 2024

NERS NEWS – Dalam rangka mengenalkan dan mencegah penyakit Chronic Kidney Disease (CKD), Kelompok 3 Mahasiswa Profesi Keperawatan melaksanakan penyuluhan kepada para pasien dan keluarga pasien di ruang rawat inap lantai 6A Grha Trimed Rumah Sakit Universitas Airlangga. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 26 September 2024, di salah satu ruang yang tersedia dan berlangsung dengan antusias baik dari peserta yang hadir.

Gagal Ginjal Kronis (Chronic Kidney Disease/CKD) adalah kondisi medis serius yang semakin banyak dihadapi masyarakat. CKD berkembang secara perlahan-lahan dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada fungsi ginjal jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu, pencegahan menjadi langkah utama untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini. Pencegahan CKD sangat bergantung pada pengelolaan faktor risiko seperti tekanan darah tinggi, diabetes, serta gaya hidup yang sehat. Dengan mengambil langkah-langkah preventif seperti menjaga pola makan, olahraga, dan melakukan pemeriksaan rutin, risiko terkena CKD dapat diminimalisir. Sebagai langkah mudah mencegah CKD, dapat kita terapkan “CERDIK”, yaitu:

C : Cek kesehatan secara berkala

E : Enyahkan asap rokok

R : Rajin aktivitas fisik

D : Diet sehat dengan kalori seimbang

I : Istirahat yang cukup

K : Kelola stress

Maka dari itu, kelompok 3 menyampaikan topik terkait “Pencegahan CKD dengan “CERDIK” yang disampaikan dengan komprehensif oleh pemateri dari kelompok. Acara berlangsung dengan lancar, dan para peserta aktif serta sangat antusias pada sesi diskusi terkait dengan topik yang disampaikan. Harapan dari adanya kegiatan ini adalah pencegahan CKD bisa dimulai dari saat ini, tidak harus menunggu nanti karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

 

Penulis : Nencya Fi Roudhotil Jannah
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 18

Berita Terbaru