INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Penyuluhan Manajemen Stres pada Pasien Kanker dengan Kemoterapi oleh Mahasiswa Profesi Keperawatan Kelompok 13

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 03 October 2024

NERS NEWS - Mahasiswa Profesi Keperawatan kelompok 13 telah melangsungkan penyuluhan kepada pasien kanker di Ruang Kemoterapi Rumah Sakit Universitas Airlangga pada hari Jumat, 27 September 2024. Acara berlangsung pada pagi hari pukul 10.00 WIB dengan tema "Manajemen Stres pada Pasien Kanker dengan Kemoterapi".

Acara penyuluhan diselingi dengan sesi sharing oleh pasien dan keluarga. Baik pasien dan keluarga, mereka sangat antusias untuk berbagi tips mengatasi efek samping dari pengobatan kanker maupun masalah psikologis yang mereka hadapi. Salah satu pasien mengatakan bahwa, “Hidup menjadi penyintas kanker pada awalnya tidak mudah dijalani, namun seiring berjalannya waktu, ikhlas adalah jalan yang dipilih karena melalui penyakit inilah Tuhan menghapuskan dosa dosanya”.

Pada akhir acara, keluarga pasien bersama dengan seluruh mahasiswa dan perawat ruangan tersebut melakukan senam yang diiringi dengan lagu. Tidak lupa pasien dan keluarga mengucapkan terima kasih karena sudah membuat suasana yang menyenangkan. Penyuluhan tersebut melahirkan kesimpulan bahwa manajemen stres yang baik adalah salah satu penentu keberhasilan pengobatan kanker. Penting bagi pasien dan keluarga untuk terus memiliki semangat dan mengerti cara mengatasi berbagai efek samping dari pengobatan kanker itu sendiri agar kualitas hidup yang baik dapat tercapai.

 

Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 38

Berita Terbaru