INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Peningkatan Kesejahteraan dan Kualitas Hidup Lansia dengan Prolanis melalui Serangkaian Kegiatan BBK 4 Unair

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 24 July 2024

NERS NEWS - Mahasiswa Fakultas Keperawatan sukses berkolaborasi dengan mahasiswa Fakultas Vokasi Prodi Pengobatan Tradisional dalam menyelenggarakan kegiatan PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) pada Minggu, 21 Juli 2024 di Desa Pandanarum, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto dalam rangka menyukseskan BBK 4 Universitas Airlangga. Kegiatan PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) ini dihadiri oleh anggota PROLANIS, kader posyandu, petugas kesehatan puskesmas Pandanarum termasuk bidan, perawat, petugas laboratorium, dan dokter.

PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) merupakan kegiatan program dari BPJS Kesehatan yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup para penderita penyakit kronis dan merupakan kegiatan terintegrasi yang membutuhkan kerja sama solid antara BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan, dan pasien. Peserta PROLANIS mendapatkan pemeriksaan tekanan darah, gula darah sewaktu, kolesterol dan asam urat. Kemudian peserta dapat berkonsultasi dengan dokter dan langsung mendapatkan obat rutin bulanan.

Kegiatan PROLANIS diawali dengan pembukaan oleh Ibu Rini selaku tenaga kesehatan puskesmas Pandanarum. Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik kepada para anggota PROLANIS yang terdiri dari pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar pinggang, tekanan darah, dan gula darah. Selanjutnya, para anggota PROLANIS bersama dengan kelompok BBK 4 Pandanarum bersama-sama melakukan senam pagi sebagai langkah untuk mencegah hipertensi. Setelah kegiatan senam pagi selesai, Putri Febrianti Setyaning Arum (Fakultas Keperawatan) dan Nabiilah Al Alif Al Atsari (Prodi Pengobatan Tradisional) menyampaikan sosialisasi dan edukasi terkait penyakit hipertensi. Sosialisasi ini mencangkup pengertian hipertensi, faktor rIsiko, gejala, komplikasi, dan cara penanganan hipertensi mulai dari mengatur pola hidup hingga melalui pengobatan tradisional yakni akupresur dan pengobatan herbal. Pada kesempatan ini, para peserta diberikan demonstrasi terkait teknik akupresur dengan benar.

“Kegiatan PROLANIS sebenarnya tidak termasuk dalam program kerja yang diusulkan oleh kelompok kami. Namun, program PROLANIS merupakan kegiatan rutinan yang diselenggarakan oleh puskesmas dan BPJS Kesehatan dan secara bersamaan program kerja bidang kesehatan kami juga mengusung sosialisasi terkait hipertensi kepada lansia. Oleh karena itu, kami memanfaatkan kesempatan untuk membantu, memandu, dan memberikan sosialisasi terkait hipertensi”, ujar Kulut Halimatul Asfi selaku salah satu penanggung jawab program kerja bidang kesehatan. Kegiatan PROLANIS berlangsung dengan lancar dan meriah. Para peserta sangat antusias untuk mengikuti senam, mendengarkan sosialisasi, dan berkonsultasi dengan dokter yang bertugas. Program ini dinilai berhasil karena memenuhi program SDGs Goal 3 : Ensure Healthy Lives and Promote Well-Being. Dalam hal ini, kegiatan Prolanis yang selalu dilaksanakan rutin dapat meningkatkan angka kesehatan dan kualitas hidup lansia di Desa Pandanarum.

 

Penulis : Putri Febrianti Setyaning Arum
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 45

Berita Terbaru