INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Program GEMARI (Gerakan Mengenal EcoBrick) Berpotensi sebagai Barang Daur Ulang yang Dapat Dikomersilkan

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 24 July 2024

NERS NEWS - Desa Pandanarum terletak di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Desa Pandanarum memiliki dua dusun yang terbagi menjadi Dusun Pandan dan Dusun Panjangrum. Desa Pandanarum memiliki penduduk yang sebagian besar mata pencahariannya berdagang dan bertani. Dengan pesatnya perdagangan dan pertanian mendatangkan permasalahan dalam pengelolaan sampah yang tidak terorganisir dengan baik.

Ketika kami datang untuk observasi pertama kali, perangkat desa menjelaskan jika desa ini sedikit kesusahan dalam mengurus sampah karena tidak memiliki lahan pembuangan sendiri dan pengurusan bank sampah yang tidak berjalan lancar. Setelah kami mengetahui permasalahan pengurusan sampah di desa Pandanarum, kami melihat peluang untuk menjalankan program di bidang lingkungan untuk mengurangi dan mendaur kembali sampah. Program di bidang lingkungan ini berhubungan dengan SDGs nomor dua belas “Responsible Consumption and Production”, yaitu mengkonsumsi barang dan bertanggung jawab untuk sampah yang dihasilkan dengan mendaur ulang sampah yang tidak terurai dan jika memiliki nilai fungsi dapat digunakan keseharian dan jika memiliki nilai jual, maka di produksi untuk menjual hasil dari daur ulang sampah. Ecobrick dapat mengatasi permasalahan sampah di Desa Pandanarum yang banyak dan kekurangan lahan pembuangan sebagai barang baru seperti kursi Ecobrick, hiasan taman, dan meja Ecobrick.

Pengerjaan Ecobrick dilakukan dengan waktu yang cukup lama sekitar tujuh hari, mencakup membersihkan sampah dan membuat Ecobrick kursi hingga selesai. Program kegiatan Ecobrick ini adalah program yang diterima oleh Karang Taruna Desa Pandanarum, sebab mereka setuju dengan program yang kami berikan dapat mengurangi sampah Desa. Kegiatan ini di lakukan di hari Jumat, tanggal 19 Juli 2024 jam 18.30-20.30 WIB bersamaan dengan perkumpulan rapat Karang Taruna dengan presentasi program kegiatan kami yaitu GEMARI (Gerakan Mengenal Ecobrick).

Kegiatan ini tidak terlepas dari bantuan perangkat desa dan kerja sama dengan Bank Sampah Desa Pandanarum yang bersedia membantu kami dalam memilah sampah yang digunakan untuk Ecobrick dan juga kerjasama anggota kelompok kami. Semoga dengan adanya pemaparan tentang Ecobrick dapat bermanfaat bagi Desa Pandanarum yang cukup kesulitan mengelola sampah yang tidak terurai dalam jumlah yang banyak.

 

Penulis: Baren Syahirah Lutia
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 31

Berita Terbaru