INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Kunjungan Mahasiswa ke ke Refugee Trauma Recovery Centre (RTRC) sebagai Tempat Pusat Rehabilitasi dan Suaka bagi Pasien Trauma

  • By Nasya Puspita Anggraeni
  • In Ners News
  • Posted 29 August 2024

NERS NEWS - Kegiatan student outbound ke La Trobe University Australia pada hari kesepuluh, Rabu (14/08/2024) dilaksanakan dengan melakukan kunjungan ke Refugee Trauma Recovery Centre (RTRC). RTRC Community Centre merupakan sebuah pusat komunitas yang didirikan untuk mendukung para pengungsi dan pencari suaka yang mengalami trauma akibat konflik, penganiayaan, atau kesulitan lainnya.

Kegiatan kunjungan ke RTRC diawali dengan para peserta intercultural program berangkat secara mandiri ke lokasi dengan menggunakan transportasi umum. Selanjutnya, para peserta dipandu menuju ruangan untuk diberikan pengarahan dan pengetahuan singkat mengenai RTRC dan pelayanannya dalam mengatasi masalah trauma. Pada kesempatan ini, para peserta juga dikenalkan mengenai pelatihan dan kursus yang membantu pasien dan pencari suaka mengembangkan keterampilan yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal menarik yang dapat ditemui di RTRC adalah banyak diantara para pekerja merupakan seorang perawat yang telah mengambil latihan (kursus) sesuai bidang pelayanan yang diambil, sebagai contoh koordinator taman akan mengambil kursus teori dan praktik hortikultura selama 2 tahun untuk dapat terjun membina pasien di RTRC dengan minat budidaya tanaman.

RTRC merupakan lembaga swadaya sehingga banyak sekali hasil karya dari pasien yang menjalani rehabilitasi. Hasil karya dari pasien tersebut dapat dikomersilkan. Selain itu, RTRC mendorong para pengungsi untuk berpartisipasi dalam kegiatan komunitas sebagai cara untuk membangun hubungan sosial yang kuat, mengurangi isolasi, dan meningkatkan rasa memiliki di lingkungan baru.

Kunjungan Refugee Trauma Recovery Centre (RTRC) ini memberikan pengalaman dan pengetahuan menarik terkait fungsi dan peran pelayanan kesehatan dalam mengatasi trauma. Tempat tersebut memberi wadah dan memainkan peran penting dalam membantu pasien untuk pulih dari pengalaman traumatis dan membangun kehidupan baru yang aman serta produktif.

 

Penulis : Putri Febrianti Setyaning Arum
Editor : Nasya Puspita A (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 35

Berita Terbaru